Yovi Rahmadani Putri, 2414053 (2020) Pemahaman Konsep Matematika Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Tanjung Mutiara Tiku Tahun Pelajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
d5861-yovi-rahmadani-putri cover.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
d5861-yovi-rahmadani-putri abstrak.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
d5861-yovi-rahmadani-putri full.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas VIII SMP N 1 Tanjung Mutiara Tiku, berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan, yaitu sebagian besar siswa belum mampu memahami konsep matematika yang telah dipelajari, sehingga siswa sulit untuk mengerjakan tugas-tugas karena pemahaman konsep dalam belajar matematika sangatlah perlu sebab jika paham konsep siswa lebih mudah untuk menjawab soal-soal. . Salah satu upaya yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan Metode Demonstrasi dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini Apakah pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Demostrasi lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N 1 Tanjung Mutiara tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Tanjung Mutiara yang menggunakan Metode Demostrasi lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Metode Demostrasi lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N 1 Tanjung Mutiata tahun pelajaran 2019/2020”. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semu siswa kelas VIII SMP N 1 Tanjung Mutiara Tiku tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes pemahaman konsep (tes akhir). Berdasarkan analisis hasil tes pemahaman konsep matematika dengan menggunakan uji-t, diperoleh dan , . Sedangkan dengan menggunakan Minitab diperoleh Pvalue yang artinya pada taraf nyata , sehingga berdasarkan hasil tersebut tolak H0 dan terima H1. Jadi dapat disimpulkan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Metode Demostrasi lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N 1 Tanjung Mutiara Tahun Pelajaran 2019/2020
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:24 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:25 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |