Penerapan Metode Mind Mapping oleh Guru Al-Qur’an Hadits Kelas XI di MAS Muhammad Nadis Kota Bukittinggi

Hafidzoh, 2114044 (2019) Penerapan Metode Mind Mapping oleh Guru Al-Qur’an Hadits Kelas XI di MAS Muhammad Nadis Kota Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover HAFIDZOH.pdf

Download (327kB)
[img] Text
abstrak HAFIDZOH.pdf

Download (436kB)
[img] Text
fulltext HAFIDZOH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Bagaimana Penerapan Metode Mind Mapping Kelas XI di MAS Muhammad Nadis Kota Bukittinggi. Skripsi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Bukittinggi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di MAS Muhammad Nadis Kota Bukittinggi. Berdasarkan observasi yang telah penulis lakukan bahwa guru Al-Qur?an hadits telah menerapkan metode Mind Mapping sekitar satu tahun enam bulan. Dimana guru telah menerapkan metode Mind Mapping sesuai dengan bagaimana cara-cara membuatnya. Permasalahan yang penulis temukan pada penelitian ini masih ada siswa yang tidak menggunakan bagaimana cara menggunakan metode Mind Mapping. Seperti, ada siswa yang tidak menggunakan garis lengkung, pensil warna, dan gambar pada Mind Mapping. Adapun kendala yang ditemui oleh guru Al-Qur?an hadits pada metode Mind Mapping ini yaitu bagi siswa yang yang kurang pada jiwa seni. Siswa tersebut merasa apa yang mereka buat tidak indah, sehingga siswa tersebut merasa minder dengan karya teman-temannya yang menyukai jiwa seni. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang terjadi di lapangan secara sistematis. Penelitian ini menggambarkan bagaimana Penerapan Metode Mind Mapping Oleh Guru Al-Qur?an Hadist Kelas XI di MAS Muhammad Nadis Kota Bukittinggi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi informan pada penelitian ini adalah guru Al-Qur?an hadits sebagai informan kunci dan siswa kelas XI menjadi informan pendukung. Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan, penulis dapat menggambarkan bahwa guru Al-Qur?an hadits telah menerapkan metode Mind Mapping sesuai dengan bagaimana cara membuatnya. Guru Al-Qur?an hadits mengacu kepada langkah-langkah yang ditemui oleh Tony Buzan. Selain metode Mind Mapping ini guru juga menggunakan metode card short, metode ceramah dan metode diskusi.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1049-1050.7 Keterampilan Belajar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP100-134 Al-Qur'an
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 01 Dec 2025 06:08
Last Modified: 01 Dec 2025 06:08
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item View Item