Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Learning Together terhadap Minat Belajar SKI di Pondok Pesantren Mu'allimin Muhammadiyah Pakan Sinayan

Farsya Fadhilla, 2121296 (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Learning Together terhadap Minat Belajar SKI di Pondok Pesantren Mu'allimin Muhammadiyah Pakan Sinayan. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Farsya Fadhilla 2121296 cover.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Farsya Fadhilla 2121296 abstrak.pdf

Download (462kB)
[img] Text
Farsya Fadhilla 2121296 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya minat belajar peserta didik di karenakan model pembelajaran yang diberikan pendidik dapat dikatakan konvensional yang masih berpusat pada pendidik sehingga proses pembelajaran SKI dianggap membosankan. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan menggunakan desain The Non Equivalent Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Kolaboratif tipe Learning Together terhadap Minat Belajar SKI Di Pondok Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah Pakan Sinayan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah aktivitas mengikuti pembelajaran Kolaboratif tipe Learning Together dan Minat Belajar siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan uji instrument ( uji validitas dan reliabelitas), uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan Teknik Uji Independent Sample T Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis yang memperoleh sig. (2 tailed) (0,003) < nilai taraf signifikan (0,05), dan peningkatan minat belajar peserta didik dikelas eksperimen dikategorikan tinggi. Maka dari hasil data pengujian tersebut dapat dikatakan bahwa bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Kolaboratif tipe Learning Together terhadap minat belajar SKI di Pondok Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah Pakan Sinayan.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Model Kolaboratif Tipe Learning Together, Minat Belajar
Subjects: L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 01 Dec 2025 04:59
Last Modified: 01 Dec 2025 04:59
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1015

Actions (login required)

View Item View Item