Kedisplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran PAI di SD Negeri 09 Tarung-Tarung Kec.Rao Kabupaten Pasaman

Rostini, 2115025 (2019) Kedisplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran PAI di SD Negeri 09 Tarung-Tarung Kec.Rao Kabupaten Pasaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover rostini-2115.025.pdf

Download (22kB)
[img] Text
abstrak rostini-2115.025.pdf

Download (4kB)
[img] Text
73567-rostini-2115.025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy

Abstract

Penulisan skripsi ini di latar belakangi oleh bentuk-bentuk disiplin siswa pada saat mengikuti proses belajar PAI sehingga berdampak pada terganggunya tingkat kefokusan siswa lain dalam mengikuti proses pembelajaran. Karena itu penulis perlu mengkaji lebih dalam lagi: Bagaimana kedisiplinan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran PAI di SD Negeri 09 Tarung-Tarung Kec.Rao Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research) penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif yakni penelitian yang dilakukan dengan menggambarkan keadaan objek berdasarkan fakta-fakta sebagaimana adanya. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Siswa kelas IV sebagai informan kunci kemudian sebagai informan pendukung adalah Guru PAI dan yang bersangkutan di SD Negeri 09 Tarung-Tarung Kec.Rao Kabupaten Pasaman. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. sedangkan tehnik pengolahan data dan analisis data yang penulis gunakan adalam mereduksi data, menyajikan data, kemudian melakukan verifikasi data serta menarik kesimpulan. Menguji keabsahan data dengan menggunakan tehnik triangulasi data yaitu membandingkan hasil data observasi dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di SD Negeri 09 Tarung- Tarung Kec.Rao Kabupaten Pasaman. dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya beberapa siswa kurang disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran PAI yang di sebabkan oleh beberapa kendala yang mengakibatkan terganggunya tingkat kefokusan siswa lain dalam menerima materi yang disampaikan pada saat proses pembelajaran PAI berlangsung.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1501 Pendidikan dasar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 01 Dec 2025 06:09
Last Modified: 01 Dec 2025 06:09
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item View Item