Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Jorong Parik Lintang Nagari Ladang Laweh Kecamatan Banuhampu

Annisa Rahmawati, 2115063 (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Jorong Parik Lintang Nagari Ladang Laweh Kecamatan Banuhampu. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover annisa-rahmawati.pdf

Download (228kB)
[img] Text
abstrak annisa-rahmawati.pdf

Download (331kB)
[img] Text
c105e-annisa-rahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di MDA jorong Parik Lintang khususnya kelas III masih banyak siswa yang kurang mampu dalam membaca Al-Qur’an seperti siswa yang kesulitan membedakan huruf dan kurang mengetahui hukum-hukum tajwid lainnya. Berdasarkan permasalahan tersebut dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui cara pelaksanaan pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Jorong Parik Lintang Nagari Ladang Laweh. Jenis Penelitian ini adalah field research dengan menggunakan metode kualitatif, yang menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena bersifat alamiah ataupun rekayasa manusia. Penelitian ini dilaksanakan di MDA Jorong Parik Lintang Nagari Ladang Laweh. Informan kuncinya yaitu guru MDA Jorong Parik Lintang, sedangkan informan pendukungnya yaitu siswa kelas III. Untuk mengumpulkan data, penulis melakukan wawancara dengan guru-guru dan mengamati kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang berlangsung pada kelas III Hasil yang penulis temukan dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru MDA tidak mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Tujuan pembelajaran Al-Qur’an telah ditentukan MDA. Setiap tingakatan kelas memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam mempelajari Al-Qur’an. Tujuan mempelajari AlQur’an pada kelas III MDA yaitu siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan lancar. Dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an, guru MDA kelas III menggunakan metode Musyafahah. Akan tetapi metode ini tidak efektif digunakan karena guru hanya mendengarkan siswa membaca Al-Qur’an secara bersama dan guru tidak bisa mengetahui kemampuan membaca Al-Qur'an masing-masing siswa, yang disebabkan ada beberapa siswa yang tidak membaca Al-Qur’an ketika membaca Al-Qur’an secara bersama-sama. Selain itu cara guru MDA mengevaluasi siswa belum efektif karena setiap siswa diminta membaca ayat yang sama secara bergiliran ke depan kelas. Sehingga beberapa siswa kelas III masih belum bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Membaca Al-Qur’an
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1501 Pendidikan dasar
B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP100-134 Al-Qur'an
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 01 Dec 2025 06:09
Last Modified: 01 Dec 2025 06:09
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1020

Actions (login required)

View Item View Item