Fatma Auliya, 2115223 (2019) Keberhasilan Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 3 Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-fatma-auliya.-nim-2115.223.pdf Download (53kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-fatma-auliya.-nim-2115.223.pdf Download (6kB) |
|
|
Text
ee8de-skripsi-fatma-auliya.-nim-2115.223.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya suatu keberhasilan dalam pembelajaran SKI yang penulis temukan di lapangan, penulis melihat bahwa peserta didik lebih rajin mengikuti pembelajaran SKI, peserta didik antusias memperhatikan pelajaran yang diterangkan pendidik, peserta didik rajin membuat tugas yang disuruh oleh pendidik tersebut, bahkan pada saat proses pembelajaran peserta didik jarang yang keluar masuk kelas, dan tingginya minat belajar peserta didik, peserta didik sangat bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dan mereka jarang yang merasa jenuh dengan proses pembelajaran. Hal ini berbeda dengan permasalahan yang selama ini sering terjadi pada pelaksanaan pembelajaran SKI, banyak anggapan bahwa pembelajaran SKI itu cenderung membosankan dan tidak menarik. Alasannya disebabkan karena penjelasan guru yang cepat membuat peserta didik kesulitan memahami materi, waktu belajar yang sedikit membuat guru belum maksimal menyampaikan materi, motivasi belajar peserta didik rendah dan peserta didik kesulitan menghafal nama-nama asing, tempat, tahun dan tanggal suatu peristiwa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana proses keberhasilan pelaksanaan pembelajaran SKI kelas X IPS di MAN 3 Agam, serta tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses keberhasilan pelaksanaan pembelajaran SKI kelas X IPS di MAN 3 Agam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan peristiwa, kejadian sesuai kondisi di lapangan. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam dan yang menjadi informan pendukung adalah siswa kelas X IPS MAN 3 Agam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ditemukan adalah bahwa keberhasilan dalam pembelajaran SKI tersebut bukan dilihat dari hasil yang dicapai saja, tetapi ada beberapa hal yang menjadi tolak ukur dari keberhasilan pembelajaran SKI itu yang dilihat dari: Kemampuan pendidik dalam membuka pembelajaran, Kemampuan pendidik dalam melaksanakan kegiatan inti pembelajaran, Kemampuan pendidik melakukan penilaian pembelajaran, Kemampuan pendidik menutup pembelajaran dan Faktor penunjang lainnya seperti: penggunaan bahasa pendidik secara jelas dan mudah dipahami, sikap pendidik yang santun, ramah dan menghargai peserta didik, dapat memanfaatkan waktu secara tepat, dan penampilan pendidik yang sopan sesuai aturan.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Keberhasilan, Pelaksanaan Pembelajaran, SK |
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc D Sejarah Umum dan Dunia Lama > D History (General) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 06:09 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 06:09 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

