Muhammad Rifki, 2113118 (2019) Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 8 Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover MUHAMMAD RIFK.pdf Download (217kB) |
|
|
Text
abstrak MUHAMMAD RIFKI.pdf Download (219kB) |
|
|
Text
66e99-skripsi-muhammad-2113.118.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam selama ini masih standart yang berdampak kurangnya pemahaman dan pengalaman sisiwa terhadap pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Maka dengan menggunakan Internet sebagai sumber belajar merupakan salah satu cara untuk meningkatkan proses pembelajaraan. Dengan adanya Internet ini akan mempermudah Guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Karena dengan menggunakan searching dan browsing Internet Guru dan Siswa dapat menemukan banyak bahan pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah bentuk pemanfaatan Internet sebagai Sumber dan faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan Internet dalam pembelajran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaiman guru memanfaatkan internet dalam pembelajaran dan cara siswa menggunakan Internet dalam pembelajaran dan terlebih sebagai sumber dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di MTsN 8 Agam. Pengumpulan datanya dapat dilakukan dengan menggunakan metode Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi, serta dianalisis menggunakan teknik Deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah bagaimana bentuk dari pemanfaatan internet dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 8 Agam, untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di kelas XI MTsN 8 Agam. Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran bagi siswa dan sebagai alat dalam menyampaikan materi pembelajaran juga sebagai penambah bahan pembelajaran. Siswa juga menggunakan internet sebagai media untuk mencari tugas dalam pembelajarannya, baik menggunakan browser dan opera mini melalui handpone, dan warnet dengan menggunakan google. Sekolah memiliki kebijakan membuat serta melaksankan program pembelajaran dengan internet, serta siswa memiliki kemauan tinggi untuk mencari informasi atau pengetahuan melalui browsingdan searching dari berbagai sumber, dan ikut serta semua pihak supaya terlaksananya belajar dan mengajar agar saling mendukung berfikir secara kritis dan kreatif. Pengaawasan guru dan orang tua yang terbatas di sekolah maupun dirumah menjadi faktor penghambat karena tidak semua guru dan orang tua bisa menggunakan internet.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | D Sejarah Umum dan Dunia Lama > D History (General) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman > HQ 755.8 - Parenting. Child rearing (Pengasuhan Anak. Pola Asuh) L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 06:09 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 06:09 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1027 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

