Strategi Pengembangan Produk Pembiayaan Musyarakah di KJKS Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Agam Madani Nagari Koto Tuo, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam

Irvan Habib, 3321083 (2025) Strategi Pengembangan Produk Pembiayaan Musyarakah di KJKS Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Agam Madani Nagari Koto Tuo, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Irvan Habib 3321083 cover.pdf

Download (413kB)
[img] Text
Irvan Habib 3321083 abstrak.pdf

Download (479kB)
[img] Text
Irvan Habib 3321083 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi Perkembangan lembaga keuangan syariah di Indonesia turut mendorong inovasi produk pembiayaan, salah satunya pembiayaan dengan akad musyarakah. Namun, dalam praktiknya, lembaga keuangan mikro syariah seperti KJKS BMT Agam Madani dihadapkan pada berbagai tantangan dalam mengembangkan produk ini, khususnya pasca pandemi COVID-19 yang berdampak pada keberlangsungan usaha pelaku UMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan produk pembiayaan musyarakah yang diterapkan oleh KJKS BMT Agam Madani serta kendala yang dihadapi dalam proses tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh langsung dari responden melalui wawancara mendalam dan observasi. Data sekunder dikumpulkan dari laporan keuangan KJKS BMT Agam Madani, serta literatur akademik yang mendukung analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian adalah manajer dan karyawan KJKS BMT Agam Madani, nasabah (pelaku UMK) di Nagari Koto Tuo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan produk dilakukan melalui penyesuaian karakteristik produk, klasifikasi jenis usaha yang dibiayai, dan penerapan strategi pemasaran seperti sosialisasi, pelatihan, serta promosi visual. Meskipun demikian, pengembangan produk musyarakah menghadapi kendala berupa penurunan daya beli masyarakat, risiko usaha yang tinggi, serta keterbatasan modal akibat penarikan dana oleh nasabah. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya evaluasi berkala terhadap produk, pendampingan usaha, serta penguatan strategi mitigasi risiko sebagai bagian dari upaya memperkuat pembiayaan musyarakah dalam mendukung keberlangsungan usaha mikro.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Strategi Pengembangan, Pembiayaan Musyarakah, KJKS BMT, Nasabah (Pelaku UMK), Nasabah (Pelaku UMK)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP173.75 Ekonomi Islam
K Hukum > KBP Hukum Islam > KBP639 Muamalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 01 Dec 2025 07:12
Last Modified: 01 Dec 2025 07:12
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1039

Actions (login required)

View Item View Item