Yuria Murni, 2114.111 (2018) “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMKN I Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
1c9c0-yuria-04-06-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Yuria Murni, Nim 2114.111, Judul Skripsi : “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMKN I Hiliran Gumanti Kabupaten Solok”, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Bukittinggi 2018. Adapun yang melatar belakangi penulis membahas permasalahan ini karena masih banyak siswa yang melakukan kenakalan seperti siswa yang sering keluar di jam pelajaran, berkelahi,menggangu teman, merokok dan izin, tapi keluar perkarangan sekolah, serta seringnya anak datang terlambat datang ke sekolah. Dari latar belakang tersebut yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menagatasi kenakalan siswa di SMKN I Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Penelitian ini untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menangatasi kenakalan siswa di SMKN I Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMKN I Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Sedangkan informan pendukungnya adalah Siswa SMKN I Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Hasil Penelitian yang penulis lakukan tentang peran Guru pendidikan Agama Islam dalam menangatasi kenakalan siswa di SMKN I Hilran Gumanti Kabupaten Solok. Yaitu: Guru PAI sebagai pendidik dan pengajar Guru memberikan pengetahuan kepada peserta didik melalui ilmu Agama. Guru PAI sebagai pembimbing guru memberikan bimbingan terhadap peserta didik yang bermasalah. Guru PAI sebagai motivator menumbuh kembangkan keimanan dengan cara memberikan nasehat. Guru PAI sebagai model atau teladan guru bersikap dan bertutur kata yang sopan terhadap peserta didik dalam melakukan pemecahan masalah. Guru PAI sebagai penasehat memberikan nasehat terhadap peserta didik dengan melakukan pendekatan terhadap peserta didik. Guru PAI sebagai demonstrator guru memberikan tugas terhadap peserta didik,dan ketika siswa ada yang tidak mengerti guru memberikan bimbingan terhadap peserta didik agar siswa tersebut bisa lebih di mengerti. Guru PAI sebagai pengelola kelas guru memberikan kenyamanan terhadap peserta didik di dalam kelas. Guru PAI sebagai mediator dan fasilitator guru memberikan kesempatan terhadap peserta didik untuk memakai fasilitas yang ada disekolah. Guru PAI sebagai evaluator guru melakukan penilian terhadap tingkah laku peserta didik.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 08:01 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 08:01 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/104 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |