Implementasi Digitalisasi Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus BPRS Jam Gadang Bukittinggi)

Gilang Al Fikri, 3321324 (2025) Implementasi Digitalisasi Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus BPRS Jam Gadang Bukittinggi). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Gilang Al Fikri 3321324 cover.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Gilang Al Fikri 3321324 abstrak.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Gilang Al Fikri 3321324 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di era serba digital banyak bank yang telah melakukan inovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. E-banking dapat mendukung pelayanan bank kepada nasabah secara aman, nyaman dan efektif. PT. BPRS Jam Gadang Bukittinggi merupakan salah satu lembaga keuangan yang telah menyediakan layanan online dengan memunculkan sebuah aplikasi Jam Gadang Mobile. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan bagaimana implementasi Jam Gadang Mobile pada PT. BPRS Jam Gadang Bukittinggi dan bagaimana implementasi Jam Gadang Mobile dalam meningkatkan kualitas layanan pada PT. BPRS Jam Gadang Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi lapangan dengan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan pihak terkait seperti pimpinan, customer service, staff bagian umum, staff IT, dan nasabah pengguna aplikasi Jam Gadang Mobile dari PT. BPRS Jam Gadang Bukittinggi. Peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data antara lain keikutsertaan peneliti, penentuan pengamatan dalam observasi dan triangulasi. Tahap terakhir adalah tahap pra lapangan,tahap lapangan, dan analisis data Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) PT. BPRS Jam Gadang Bukittinggi menerapkan layanan Jam Gadang Mobile yang didasari dengan teori mengenai indikator untuk mengetahui tingkat kualitas layanan yaitu pertanggungjawaban, efisiensi transaksi, bantuan kepada pelanggan, keamanan pelayanan, kemudahan penggunaan dan performa. Jam Gadang Mobile menyediakan berbagai fitur antara lain cek informasi saldo,cek informasi mutasi, Transfer, Donasi (ziswaf) , E- santri, dan Produk yang ditawarkan, Hal tesebut sangat menguntungkan bagi nasabah dapat melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun tanpa harus datang langsung ke kantor, namun terdapat kendala yang sering dialami nasabah yakni jaringan pada Jam Gadang Mobile yang mengharuskan terkoneksi dengan jaringan internet jika saat jaringan tidak stabil transaksi bisa tiba- tiba gagal. Dengan adanya Jam Gadang Mobile juga sangat memudahkan pihak lembaga dalam mensikronkan data yang ada dilapangan dengan yang ada di sistem. 2) Ketertarikan nasabah dengan adanya Jam Gadang Mobile ini terlihat dengan peningkatan jumlah nasabah pengguna aplikasi Jam Gadang Mobile mengalami kenaikan. Untuk terus mempertahakan kualitas layanan yang baik terhadap nasabah , PT. BPRS Jam Gadang Bukittinggi dan menciptakan inovasi-inovasi baru sehingga terpenuhinya kualitas layanan melalui Jam Gadang mobile.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Implementasi, Jam Gadang Mobile
Subjects: Q Sains > QA Matematika > QA76 Computer software
B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP173.75 Ekonomi Islam
H Ilmu Sosial > HG Keuangan > HG1501 Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 02 Dec 2025 02:11
Last Modified: 02 Dec 2025 02:11
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item View Item