Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Mata Pelajaran SKI Kelas XI MAS MTI Bayur

Fadil Riyadi, 2120134 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Mata Pelajaran SKI Kelas XI MAS MTI Bayur. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Fadil Riyadi 2120134 cover.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Fadil Riyadi 2120134 abstrak.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Fadil Riyadi 2120134 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan skripsi ini dilator belakangi oleh dimana kegiatan belajar mengajar didominasi oleh pendidik dan peserta didik hanya mendengar, pendidik hanya menggunakan metode ceramah, terlihat sebagian peserta didik tidak begitu antusias dan tidak bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, dan kurangnya sarana prasarana. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti Bagaimana Penerapan model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Mata Pelalajaran SKI XI MA PPMTI Bayur. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan berbentuk field research yaitu penelitian yang mencoba menggambarkan, memaparkan dan menafsirkan suatu fenomena yang terjadi sesuai dengan data yang sesuai di lapangan. Dengan informan kunci yaitu guru SKI Kelas XI MAS PPMTI Bayur dan siswa Kelas XI MAS PPMTI Bayur sebagai informan pendukung. Untuk mengumpulkan data penulis lakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul maka dilakukan pengolahan dan analisis data. Selanjutnya dilakukan teknik penjamin keabsahan dengan cara triangulasi. Sebelum tata muka, peserta didik diminta untuk belajar mandiri di rumah mengenai materi untuk pertemuan berikutnya, dengan menonton video Pembelajaran Karya guru itu sendri ataupun video Pembelajaran dari hasil upload orang lain, membuat kelompok untuk melakukan diskusi, disamping itu pendidik juga menyiapkan pertanyaan yang akan diberikan kepada kelompok diskusi yang tampil, sampai pada akhirnya Pendidik memberikan kuis atau tes sehingga peserta didik sadar bahwa kegiatan yang mereka lakukan bukan hanya permainan, tetapi merupakan proses belajar, serta pendidik berlaku sebagai fasilitator dalam membantu peserta didik dalam Pembelajaran serta menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan materi.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Penerapan, Flipped Classroom
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 02 Dec 2025 04:04
Last Modified: 02 Dec 2025 04:04
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1046

Actions (login required)

View Item View Item