Laila Husni, 2115044 (2019) Pelaksanaan Strategi Problem Solving Oleh Guru Mata Pelajaran Fiqih di MAN 3 Agam Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover laila-husni-2115044.pdf Download (65kB) |
|
|
Text
abstrak laila-husni-2115044.pdf Download (82kB) |
|
|
Text
9ff64-laila-husni-2115044.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Maksud judul ini adalah bagaimana pelaksanaan Strategi Problem Solving oleh guru mata pelajaran Fiqih di MAN 3 Agam Judul ini dilatar belakangi oleh guru mata pelajaran Fiqih yang sudah menggunakan Strategi Problem Solving yang sesuai dengan langkah-langkah yang seharusnya di kelas XI program IPS MAN 3 Agam, bahwa setiap proses pembelajaran Fiqih siswa cendrung pasif dan kurang memberikan respon dalam proses belajar mengajar. Interaksi sudah ada dalam proses pembelajaran, yaitu dalam diskusi kelas yang dilaksanakan oleh guru Fiqih. Namun, siswa baru bertanya atau menjawab jika sudah ditunjuk oleh guru sehingga proses diskusi tidak terlaksana sesuai dengan yang diinginkan. Akibatnya, penguasaan materi pembelajaran tidak maksimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaiman pelaksanaan strategi problem solving oleh guru mata pelajaran Fiqih di MAN 3 Agam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu gambaran kejadian – kejadian yang terdapat dilapangan dengan apa adanya. Data dikumpulkan melalui observasi di dalam kelas saat pembelajaran Fiqih dan wawancara dengan guru Fiqih dan siswa kelas XI program IPS. Informan penelitian ini terdiri dari informan kunci ( guru mata pelajaran Fiqih) dan informan pendukung (siswa kelas XI program IPS). Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa guru belum sepenuhnya menggunakan strategi problem solving secara maksimal. Karena dalam pelaksanaannya guru belum mengikuti langkah-langkah atau tahaptahap strategi problem solving yang sudah ditentukan. Hanya sebagian yang sudah dilaksanakan yaitu mengidentifikasi masalah, membagi kelompok, memberikan tugas tertulis kepada siswa dan membimbing siswa dalam melakukan diskusi dalam tanya jawab. Langkah-langkah yang belum dilaksanakan guru yaitu menguji hipotesis maksudnya kemampuan siswa untuk menguji jawaban sekaligus menghubungkan masalah yang dibahas dengan lingkungannya, dan siswa dapat mengambil keputusan atau kesimpulan dari jawaban yang telah diberikan.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Strategi Problem Solving |
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 05:07 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 05:07 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

