Patonah, 2115201 (2019) Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik di SMAN 1 Ampek Angkek Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover Patonah.pdf Download (25kB) |
|
|
Text
abstrak Patonah.pdf Download (15kB) |
|
|
Text
fulltext Patonah.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penulis melakukan penelitian ini terdapat kesenjangan pada karakter religius peserta didik di SMAN 1 Ampek Angkek hal ini terlihat dari pengamatan yang dilakukan di SMAN 1 Ampek Angkek, bahwa terdapat perilaku peserta didik yang terkadang tidak memperhatikan aturan agama seperti pacaran, mencuri, merokok, kurangnya sopan santun tertahadap pendidik, berkata kotor, ada sebagian peserta didik yang mencontek dikala sedang menghadapi ujian, selain itu meskipun lembaga sekolah sudah menerapkan budaya shalat dzuhur berjamaah, tetapi masih ditemukan peserta didik yang tidak melaksanakan shalat lima waktu, pergaulan mereka yang kurang baik dan juga pembinaan karakter yang dilakukan di SMAN 1 Ampek Angkek belum maksimal. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif adalah penelitian yang bermaksud ingin menggambarkan, menuturkan, menafsirkan kondisi yang ada di lapangan apa adanya. Sumber data yang menjadi informen kunci adalah pendidik yang mengajar mata pelajaran PAI & BP, dan informen pendukung adalah guru BK, waka kesiswaan dan peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verification. Sedangkan untuk menjamin keabsahan data, penulis menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian yang dilakukan di SMAN 1 Ampek Angkek menunjukkan bahwa bentuk-bentuk pembinaan karakter religius peserta didik di SMAN 1 Ampek Angkek adalah membudayakan program 5 S, mengawali kegiatan pembelajaran dengan membaca Al-Qur’an, menyelenggarakan shalat dzuhur berjamaah, kultum pada hari Jum’at dan berinfak, tahfidz Al-Qur’an, Forum Studi Islam (FSI), pesantren ramadhan, peringatan hari besar Islam dan adapun Faktor penghambat dalam pembinaan karakter religius peserta didik di SMAN 1 Ampek Angkek yaitu yang pertama faktor dari dalam, faktor dari dalam yang berasal dari pendidik itu sendiri, seperti pendidik yang tidak memberikan contoh teladan yang baik kepada peserta didik, sikap pendidik yang cuek terhadap tingkah laku peserta didik, kurangnya kerja sama antara pendidik, pendidik kesulitan dalam mengatur waktu kegiatan. Kedua faktor dari luar yaitu kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik, masih ada peserta didik yang cuek terhadap pendidik, peserta didik kurang memahami tata tertib yang ada di sekolah dan peserta didik juga kurang memahami pentingnya kegiatan yang di laksanakan di sekolah. Ketiga faktor dari media informasi seperti handpone
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BJ Ethics L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP178 Doa,Sholat L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 05:08 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 05:08 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

