Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa Melalui Peraturan Kewajiban Shalat Dhuha Di MTsN 6 Agam Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam

Dina Amelia, 2115045 (2019) Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa Melalui Peraturan Kewajiban Shalat Dhuha Di MTsN 6 Agam Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover dina-amelia-2115.045.pdf

Download (65kB)
[img] Text
abstrak dina-amelia-2115.045.pdf

Download (59kB)
[img] Text
60877-dina-amelia-2115.045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Maksud dari judul ini adalah bagaimana cara menumbuhkan kedisiplinan siswa melalui pelaksanaan shalat Dhuha rutin setiap pagi di MTsN 6 Agam kec. Banuhampu kab. Agam. Sekolah memegang peranan yang sangat penting dalam membentuk sikap disiplin warga sekolah. Untuk menumbuhkan kedisiplinan diperlukan sebuah peraturan. Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Agam memiliki program yang bertujuan agar siswa menjadi lebih disiplin, yaitu: melaksanakan shalat Dhuha secara rutin setiap pagi sebelum kegiatan proses pembelajaran. Tujuan dari pelaksanaan shalat dhuha secara rutin ini guna untuk membentuk karakter siswa yang taat beribadah kepada Allah SWT dan mewujudkan karakter siswa yang terbiasa datang pagi serta disiplin dalam melaksanakan shalat sunnah Dhuha. Namun di lapangan penulis melihat masih banyak siswa yang masih bermain-main, masih banyak siswa yang terlambat datang ke sekolah, dan kurang disiplinnya siswa dalam pelaksanaan shalat Dhuha. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan keadaan dan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena yang bersifat alamiah maupun rekayasa manusia. Pengumpulan data penulis lakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dan informen penelitian adalah guru dan siswa MTsN 6 Agam. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1). Upaya menumbuhkan kedisiplinan siswa yaitu dengan cara adanya aturan pelaksanaan shalat sunnah Dhuha secara rutin setiap pagi sebelum proses pembelajaran, adanya pantauan oleh guru dalam pelaksanaan shalat Dhuha siswa, adanya teguran atau sanksi yang diberikan kepada siswa yang tidak disiplin. (2). Faktor-faktor penyebab siswa tidak disiplin yaitu keterlambatan siswa datang ke sekolah, sikap malas siswa, kurangnya pengawasan dari guru, kurangnya kemauan di dalam diri siswa untuk melaksanakan shalat Dhuha

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Kedisiplinan, Shalat Dhuha
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB2300 Pendidikan tinggi
P Bahasa dan Sastra > P Filologi, Linguistik
B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP135 Literatur Hadis, Tradisi, Sunnah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 02 Dec 2025 05:08
Last Modified: 02 Dec 2025 05:08
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1061

Actions (login required)

View Item View Item