Pemanfaatan Sarana dan Prasarana dalam Menunjang Proses Pembelajaran PAI di SMPN 7 Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Anisa Erva Azlim, 2115129 (2019) Pemanfaatan Sarana dan Prasarana dalam Menunjang Proses Pembelajaran PAI di SMPN 7 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover Anisa Erva Azlim.pdf

Download (103kB)
[img] Text
abstrak anisa-erva-azlim-2115129-oke.pdf

Download (95kB)
[img] Text
13f93-word-anisa-erva-azlim-2115129-oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi SMPN 7 Kinali ditemukan bahwa kurangnya pemanfaatan sarana dan prasarana yang sudah disediakan oleh sekolah. Misalnya dari segi ruangan lokal , SMPN 7 Kinali memiliki 9 lokal, dan ukurannya sedang saja. Dari jumlah anak didiknya, SMP N 7 Kinali diminati dan memiliki banyak anak didik, sehingga dengan sarana dan prasarana yang ada hendaknya dapat menunjang proses pembelajaran PAI. Dalam proses pembelajaran guru jarang memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada, sehingga nilai peserta didik ada yang masih di bawah KKM. Jadi masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah Bagaimana guru bidang studi PAI memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di SMPN 7 Kinali utuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara guru dalam memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan diadakan di SMPN 7 Kinali Kabupaten Pasaman Barat semester genap 2018/2019 melalui kegiatan observasi ke sekolah dan masuk ke dalam kelas serta wawancara yang dilakukan dengan siswa dan guru bidang studi PAI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) mengolah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber. 2) menganalisa jawaban responden. Hasil penelitian ini adalah SMPN 7 Kinali ini sudah memiliki sarana dan prasarana yang dapat digunakan oleh guru. Guru bidang studi PAI kadang memanfaatkan sarana dan prasarana yang sudah disediakan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran PAI. Sarana dan prasarana yang digunakan oleh guru PAI antara lain lokal,meja, kursi, papan tulis, spidol, penghapus papan, buku paket, buku tulis, dan infokus. Hasil belajar siswa ketika belajar dengan memanfaatkan sarana dan prasarana memuaskan. Banyak siswa yang mendapat nilai bagus. Meskipun masih ada beberapa siswa yang masih memperoleh nilai di bawah KKM

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 02 Dec 2025 05:09
Last Modified: 02 Dec 2025 05:09
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1065

Actions (login required)

View Item View Item