Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Mahmudah Siswa di SMAN 3 Bukittinggi

Rosdiana, 2114241 (2019) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Mahmudah Siswa di SMAN 3 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
COVER ROSDIANA.pdf

Download (63kB)
[img] Text
ABSTRAK ROSDIANA.pdf

Download (57kB)
[img] Text
0b2d0-skripsi-mahmudah-diana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Adapun yang memotivasi penulis melakukan penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi siswa yang krisis terhadap akhlak, sehinnga banyak siswa yang melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, maka diperlukan sebuah strategi untuk mengatasi krisis tersebut agar siswa tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak ada dalam ajaran agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang menjadi informan kunci adalah guru pendidikan agama Islam, dan informan pendukung ialah siswa SMAN 3 Bukittinggi. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan teknik analisis kualitatif deskriptif melalui langkah-langkah pemeriksaan data, klasifikasi data, display data, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menjamin keabsahan data, penulis menggunakan teknik triangulasi data. Dari hasil penelitan yang dilakukan di SMAN 3 Bukittinggi menunjukkan bahwa strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak mahmudah siswa di SMAN 3 Bukittinggi adalah Strategi Secara langsung menggunakan beberapa cara pendekatan keteladanan, nasehat, memberikan hadiah, pembiasaan. Strategi secara tidak langsung yaitu menggunakan larangan, pengawasan, hukuman, dan adapun faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan akhlak mahmudah siswa di SMAN 3 Bukittinggi adalah Faktor pendukung motivasi dari keluarga, dan adanya kerjasama antara guru-guru di sekolah. Faktor penghambat yaitu :kurangnya kesadaran diri siswa, faktor pergaulan

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah
H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman > HQ793 Pemuda, Remaja
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 03 Dec 2025 08:48
Last Modified: 03 Dec 2025 08:48
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1069

Actions (login required)

View Item View Item