Karlina, 2115165 (2019) Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 2 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-karlina.-pdf.pdf Download (148kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-karlina.-pdf.pdf Download (206kB) |
|
|
Text
b640b-skripsi-karlina.-pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian siswa meribut pada saat proses pembelajaran berlangsung, siswa kurang mendengarkan penjelasan guru didepan kelas, sebagian dari siswa suka mengganggu temannya ketika proses pembelajaran berlangsung, guru telah menegur mereka akan tetapi mereka berhenti sejenak dan mengulanginya lagi, maka rumusan masalah nya adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran ekspositori yang diterapkan guru pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Ampek Angkek Kabupaten Agam, Penelitian ini adalah penelitian lapangan (file research) yang bersifat deskriptif kualitatif yakni dengan menggambarkan dan lukiskan secara sistematis, fakta dan akurat yang sesuai dengan fakta-fakta yang diperoleh di lapangan. Informan penelitian ini adalah guru pendidikan Agama Islam kels VII di Smp N 2 Ampek Angkekdan beberapa orang siswa SMP N 2 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif analitik, yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Teknik keabsahan data yang penulis gunakan adalah triangulasi data. Memahami hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pertama langkah persiapan guru telah melaksanakan yakni ada beberapa yang tidak terlaksana karena guru tidak memberikan sugesti kepada siswa pada saat proses pembelajaran, kedua langakah penyajian guru telah melaksnakan ada satu point yang tidak terlaksana yaitu guru tidak menggunkan joke-joke atau lelucon, ketiga langkah korelasi belum diterapkan oleh guru, keempat menyimpulkan guru telah melaksanakan menyimpulkan materi dengan baik, kelima mengaplikasikan dalam langkah ini guru telah mengaplikasikan dengan baik yaitu dengan memberikan tugas yang relevan dengan materi yang disajikan. Maka penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Ampek Angkek ini belum terlaksana dengan maksimal diantara nya ada beberapa langkah penerapan strategi yang belum diterapkan secara maksimal.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Strategi Pembelajaran Ekspositori, PAI |
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 08:49 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 08:49 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

