Wahyuni Saputri, 2114.156 (2018) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tahfidz Qur’an Di MTs Pondok Pesantren Diniyah Limo Jurai Sungai Pua. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
fulltext wahyuni.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini disusun oleh WAHYUNI SAPUTRI, Nim 2114.156 dengan judul PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHDAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TAHFIDZ QUR’AN DI MTS PONDOK PESANTREN DINIYAH LIMO JURAI SUNGAI PUA. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam belajar tahfidzul Qur’an dan masih ada beberapa siswa yang malas menghafal al- Qur’an serta minimnya waktu mereka untuk menghafal al-Qur’an karena jadwal pelajaran yang banyak serta mata pelajaran yang banyak dan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru . Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tahfidz al-Qur’an di MTs Pondok Pesantren Diniyah Limo Jurai Sungai Pua. Penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah korelasi. Korelasi yaitu tipe penelitian yang bertujuan melihat dan mendeskripsikan pengaruh antara dua variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs yang terdapat di Pondok Pesantren Diniyah Limo Jurai Sungai Pua. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling, penentuan besar sampel diambil dari 50% dari populasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik alisisis data mengunakan rumus r product moment, koefisien korelasi dan koefisien determinan sedangkan syarat uji analisis mengunakan uji normalitas, uji lineritas dan homogenitas. Hasil uji korelasi dapat diketahui 0,692 > 0,334 dengan degree of freedom (Df) 43 pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka diperoleh gambaran bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan korelasi ”kuat”, yang terletak antara 0.60-0,799. Setelah melakukan penghitungan maka diperoleh nilai koefesien determinasi = 48%. Berdasarkan nilai tersebut dapat diartikan variansi variabel Motivasi belajar dipengaruhi sebesar 48% oleh motivasi belajar , sedangkan 52% ditentukan oleh yang lain. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada siwa supaya lebih meningkatkan semangatnya dalam belajar dan menghafal al-Qur’an supaya hasil belajarnya juga bagus serta meningkatkan kualitas hafalannya.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 08:08 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 08:08 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |