Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Muhammadiyah Salareh Aia Kec. Palembayan Kab. Agam

Weli Ramadani, 2115046 (2019) Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Muhammadiyah Salareh Aia Kec. Palembayan Kab. Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover WELI RAMADANI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
abstrak WELI RAMADANI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
fulltext WELI RAMADANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di MTs Muhammadiyah Salareh Aia yang terlihat guru SKI belum maksimal dalam melakukan pengelolaan kelas yang mana guru belum memperhatikan kondisi fisik kelas sebelum belajar seperti tempat duduk yang berserakan, kelas yang kurang bersih dan belum memperhatikan kesiapan siswa untuk belajar seperti siswa masih sibuk mengobrol, tidak memberikan motivasi kepada siswa. Guru juga tidak memperhatikan siswa yang mengobrol saat guru menyampaikan materi dan tindak menindaklanjuti tingkah laku siswa yang menyimpang saat proses pembelajaran.. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap disiplin belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran SKI di MTs Muhammadiyah Salareh Aia Kec. Palembayan Kab.Agam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif degan jenis penelitian penelitian korelasi dengan metode ex post-facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Salareh Aia Kec. Palembayan Kab. Agam. Populasi dalam penelituan ini berjumlah 19 orang dan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk total sampling. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) instrumen penelitian ini menggunakan skala psikologi untuk mengukur pengelolaan kelas dan disiplin belajar siswa. Validitas instrumen menggunakan teknik korelasi product moment, sedangkan realibilitas instrumen menggunakan teknik analisis koefesien alpha cronbach. Teknik analisi data yang digunakan pada penelitian ini yaitu statisttik deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa pengelolaan kelas dan disiplin belajar berada pada kategori sedang. Sementara hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif antara pengelolaan kelas dengan disiplin belajar dengan nilai positif yaitu terlihat dari R Square yaitu 0, 044, yang berarti positif dan signifikan dari pengelolaan kelas terhadap displin belajar yaitu yang diperoleh yaitu 0,388 > 0,05. Jadi dari hasil penelitian dan pengolahan data dapat diketahui antara pengelolaan kelas dan disiplin belajar siswa memiliki hubungan yang positif dan searah. Sementara antara pengelolaan kelas dengan disiplin belajar dilihat dari nilai yang diperoleh besar dari F tabel maka antara pengelolaan kelas dan disiplin belajar memiliki pengaruh yang signifikan, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Salareh Aia Kec. Palembayan Kab. Agam.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Pengelolaan kelas, disiplin belajar dan SKI
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar
H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 03 Dec 2025 08:49
Last Modified: 03 Dec 2025 08:49
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item