Resi Yulia Safitri, 2115094 (2019) Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar PAI Kelas XI di SMKN 1 Ampek Angkek. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover resi-yulia-s.pdf Download (53kB) |
|
|
Text
abstrak resi-yulia-s.pdf Download (81kB) |
|
|
Text
be1cb-resi-yulia-s.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berawal dari pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa terkesan pasif karena mereka hanya mendengar, mencatat dan mengerjakan apa yang diperintah oleh guru, dan saat pembelajaran berlangsung ada siswa yang berbicara dengan teman disebelahnya serta ada juga yang memakan makanan di dalam kelas. Ketika guru bertanya, yang menjawab cuma dua atau tiga orang saja, yang lainnya diam. Hal ini menyebabkan siswa tidak memahami materi yang dipelajarinya dan hasil belajar siswa menurun. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan pendekatan yang mampu membuat siswa menjadi lebih aktif dan dapat meningkatkan pemehaman siswa mengenai materi PAI yang diberikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMKN 1 Ampek Angkek. Dengan tujuan untuk melihat hasil belajar PAI siswa setelah menggunakan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah true experimen design dengan rancangan penelitian posttest-only control design yaitu penelitian yang terdiri dari dua kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol). Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI SMK N 1 Ampek Angkek. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah menggunakan teknik purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI KKBT sebanyak 23 orang sebagai kelompok eksperimen dan XI OTKP1 sebanyak 20 orang sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan tes, dengan bentuk soal multiple choice test atau pilihan ganda. Analisis uji coba soal yang dilakukan yaitu analisis validitas, reliabilitas, indeks daya beda dan indeks kesukaran. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji uji normalitas, uji homegenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka diperoleh rata-rata hasil belajar 84 dan kelas kontrol 69,4. Kedua nilai rata-rata tersebut memiliki selisih 14,6. Analisis uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi ? = 0,05 dan derajat kebebasan dk 41 diperoleh harga thitung = 3,56 sedangkan nilai ttabel = 2,0378 atau ttabel = 2,0315, thitung lebih besar dari ttabel maka keputusan yang diambil adalah Ha diterima Ho ditolak. Jadi dapat dismpulkan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh pada hasil belajar PAI kelas XI SMKN 1 Ampek Angkek
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:35 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:35 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

