Upaya Guru PAI Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa Pada Pembelajaran Di SDN 39 Kecamatan Kuranji Padang

Gusnita Sari, 2115038 (2019) Upaya Guru PAI Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa Pada Pembelajaran Di SDN 39 Kecamatan Kuranji Padang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover gusnita_sari_2115.038-1-.pdf

Download (42kB)
[img] Text
abstrak gusnita_sari_2115.038-1-.pdf

Download (6kB)
[img] Text
c36bc-gusnita_sari_2115.038-1-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah sebagian siswa masih ada yang terlambat masuk kelas, meribut, dan tidak mematuhi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah, sehingga pembentukan kedisiplinan terhadap diri siswa tidak tercermin dengan baik. Rumusan masalahnya adalah Bagaimana Upaya Guru PAI Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa Pada Pembelajaran DI SDN 39 Kecamatan Kuranji Padang. Dan tujuan penelitian untuk mengetahui Upaya Guru PAI Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa Pada Pembelajaran di SDN 39 Kecamatan Kuranji Padang. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian Di SDN 39 Kecamatan Kuranji Padang. Sumber data atau informen penelitian yang diperoleh melalui guru agama, guru kelas dan siswa, dilibatkan untuk memberikan informasi dan keterangan mengenai upaya guru pai meningkatkan kedisiplinan siswa pada proses pembelajaran Di SDN 39 Kecamatan Kuranji Padang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan untuk memperkuat data yang diteliti dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa upaya guru PAI menumbuhkan kedisiplinan siswa pada pembelajaran di SDN 39 Kecamatan Kuranji Padang terdiri dari 3 upaya guru PAI yaitu pembiasaan, ketauladanan, dan motivasi. Melihat permasalahan yang muncul di SDN 39 Kecamatan Kuranji Padang seperti kurangnya perhatian siswa terhadap disiplinnya waktu di dalam kelas, kurangnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran, kurangnya minat siswa dalam memetuhi tata tertib sekolah, maka metode pembiasaan, keteladanan dan motivasi ini sangat membantu untuk meningkatkan kedisiplinan anak-anak di SDN 39 Kecamatan Kuranji Padang. Yang pertama pembiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang. Absensi yang dilakukan setiap guru masuk akan membantu untuk mengetaui siapa saja yang datang terlambat, siapa yang tidak mengerjakan tugas , dan sebagainya. Sedangkan keteladanan yang dapat dicontoh siswa, seperti guru datang kesekolah tepat waktu, guru memberikan laporan ke sekolah sesuai jadwal yang telah ditentukan, Sedangkan motivasi seperti, memberikan dorongan kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran, memberikan reward kepada siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pemberian penghargaan bagi siswa dan guru teladan yang dipilih 1x1 bulan, juga pemberian penghargaan bagi kelas yang terpilih sebagai kelas terdisiplin, yang juga dilakukan sekali sebulan.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Upaya guru PAI menumbuhkan kedisiplinan
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BJ Ethics
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1501 Pendidikan dasar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:36
Last Modified: 04 Dec 2025 02:36
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1089

Actions (login required)

View Item View Item