Penerapan Metode Kisah dalam Menanamkan Akhlaqul Karimah Siswa di TPA Al-Qodar Jorong Kamang Bakti

Retno Dwi Hayuningsih, 2115079 (2019) Penerapan Metode Kisah dalam Menanamkan Akhlaqul Karimah Siswa di TPA Al-Qodar Jorong Kamang Bakti. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-retno-dwi-hayuningsih-2115.079-dikonversi.pdf

Download (52kB)
[img] Text
abstrak skripsi-retno-dwi-hayuningsih-2115.079-dikonversi.pdf

Download (155kB)
[img] Text
584e6-skripsi-retno-dwi-hayuningsih-2115.079-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi penulis dalam membahas permasalahan ini dilatar belakangi oleh kurangnya sikap akhlaqul karimah siswa di TPA Al-Qodar, maka dari itu guru mencetuskan untuk menjalankan program sore berkisah di TPA Al- yang bertujuan untuk menanamkan akhlaqul karimah siswa dengan bercerita tentang kisah-kisah Nabi dan mengambil ibrah dari cerita tersebut.. Program sore berkisah tersebut membutuhkan suatu metode agar tujuan kisah dapat tercapi. Metode tersebut adalah metode kisah atau sering disebut bercerita. Oleh karena itu seorang guru harus mampu menerapkan metode kisah ini dengan tepat sesuai standar dan langkah-langkah yang telah ditentukan supaya penanaman akhlaqul karimah dapat berjalan secara efektif dan efesien sesuai yang diharapkan. Penulisan skripsi ini bahan atau data yang diperlukan dikumpulkan melalui penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini adalah guru kelas tingkat AlQur’an, sedangkan yang menjadi informan pendukung adalah siswa tingkat Iqro’ dan tingkat Al-Qur’an yang diambil secara acak. Dari penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa penerapan metode kisah yang diterapkan oleh guru di TPA Al-Qodar belum berjalan sesuai prosedur yang berlaku. Penggunaan metode kisah dilaksanakan guru satu kali dalam seminggu setiap hari kamis dan hanya di dalam kelas. Dalam sore berkisah semua siswa TPA Al-Qodar wajib mengikuti. Saat bercerita guru telah membuat Rancangan Kegiatan Sore Berkisah yang seharusnya menjadi patokan saat bercerita. Di dalam rancangan kegiatan sore berkisah terdapat judul cerita yang akan diceritakan, tujuan atau manfaat cerita, media bercerita, pengelolaan kelas saat bercerita, menyimpulkan cerita dan mengadakan evaluasi. Rancangan kegiatan yang dibuat oleh guru tersebut sebenarnya sudah sesuai prosedur akan tetapi kenyataannya memang guru tidak berpatokan kepada rancangan sore berkisah yang telah dibuat. Cerita yang disajikan berupa kisah-kisah Nabi yang ada hubungannya dengan akhlaqul karimah seperti contoh kisah Rasulullah dan pengemis buta, pada saat menceritakan kisah tersebut guru tidak melakukan pengelolaan kelas dengan baik dan menyampaikan cerita dengan menggunakan media yang kurang tepat sehingga terkesan monoton.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Metode Kisah, Akhlaqul Karimah
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:36
Last Modified: 04 Dec 2025 02:36
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1090

Actions (login required)

View Item View Item