Sri Ramadhan, 2115049 (2019) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Film Nussa dan Rara. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover sri-ramadhan-2115049.pdf Download (110kB) |
|
|
Text
abstrak sri-ramadhan-2115049.pdf Download (134kB) |
|
|
Text
e03de-sri-ramadhan-2115049.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penulis menuliskan judul ini karenakrisis moral, akhlak yang terjadi belakangan ini pada anak usia dini yang dipicu oleh kegagalan pendidikan karakter. Salah satu pemicu kegagalan pendidikan karakter anak usia dini yaitu kemajuan teknologi, banyaknya tontonan-tontonan yang tidak mendidik seperti kekerasan, pornografi dan sebagainyayang mudah diaksesmelalui google atau youtube. Oleh sebab itu hendaknya orang tua mengontrol dan mendampingi ketika anak menonton youtube dan menggunakan teknologi. Dengan kontrol dari orang tua mengenai tontonan anak usia dini dapat membantu membentuk karakter anak kepada yang lebih baik. Dari banyaknya tontonan yang tidak mendidik pada youtube, terdapat beberapa film yang bisa digunakan oleh orang tua sebagai media pendidikan karakter anak usia dini yaitu film Nussa dan Rara. Film Nussa dan Rara merupakan kartun Indonesia yang disajikan dengan nuansa Islami, menggunakan pilihan kata yang baik, sopan, santun dan mudah dipahamiyang turut dipadu dengan munculnya nilai-nilai karakter. Adapun rumusan masalah yang penulis tekankan adalah nilai-nilai pendidikan karakter religius apa sajakah yang terdapat dalam film Nussa dan Rara dalam episode 1,2,4,8 dan 13. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter religius yang terdapat dalam film Nussa dan Rara dalam episode 1,2,4,8 dan 13 Dalam pembahasan ini penulis menggunakan penelitianlibrary rasearchstudi kepustakaan yang diambil dari sumber audio visual youtube atau VCD dengan film yang berjudul Nussa dan Rara karya Aditya Triantoro. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Instrumen penelitian yaitu human instrumen. Metode analisis yang penulis lakukan adalah analisis isi Content analisysatau analisis dokumen yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang di dokumentasi dalam rekaman, gambar dan suara. Hasil penelitian dapat disimpulkan nilai-nilai karakter religius dalam film Nussa dan Rara terdiri dari cerdas dan suka bebagi ilmu pengetahuan, sedekah, ikhlas dan sopan santun saling menghormati. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Nussa dan Rara terdiri dari 1) Materi, terdapat materi mengenai adab dan doa sebelum tidur, adab sebelum dan sedang makan, sedekah, ikhlas redho menerima takdir Allah dan sopan santun saling menghormati, memanggil dengan panggilan yang baik. 2) Metode, terdapat beberapa metode yaitu metode pengajaran, metode percakapan, metode bernyanyi, metode diskusi, metode keteladanan dan metode bercerita 3) evaluasi, evaluasi yang terdapat pada episode 8 mengenai ikhlas
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Pendidikan Karakter, Film Nussa Dan Rara |
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan P Bahasa dan Sastra > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman > HQ 755.8 - Parenting. Child rearing (Pengasuhan Anak. Pola Asuh) L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC251 Pendidikan karakter |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:36 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:36 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1093 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

