Analisis peranan Mamak dalam menanamkan Karakter Pendidikan Islam terhadap kemenakan

Rino Winura, 2113058 (2019) Analisis peranan Mamak dalam menanamkan Karakter Pendidikan Islam terhadap kemenakan. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover rino-winura.pdf

Download (94kB)
[img] Text
abstrak rino-winura.pdf

Download (32kB)
[img] Text
5a7d7-rino-winura.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy

Abstract

Maksud dari judul skripsi ini adalah peranan mamak dalam menanamkan karakter pendidikan Islam terhadap kemenakan. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi status mamak dalam sistem kekerabatan di Minangkabau yang belum banyak orang mengetahui, serta peran mamak dalam menanamkan karakter pendidikan Islam terhadap kemenakan di Minangkabau yang belum dikaji secara mendalam. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan penelitian studi kepustakaan (Library Research) yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisa secara lebih luas tentang peranan mamak dalam menanamkan karakter pendidikan Islam terhadap kemenakan. Untuk memperoleh bahan penulisan skripsi ini, penulis menggunakan buku-buku sumber yang berhubungan dengan peranan mamak yang terdapat dalam buku tentang ke Minangkabau. Metode analisis yang penulis lakukan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan dua metode yaitu metode induktif dan metode deduktif. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa Sistem kekerabatan matrilinial adalah suatu sistem yang mengatur kehidupan dan ketertiban suatu masyarakat yang terikat dalam suatu jalinan kekerabatan dalam garis ibu, dan kekerabatan inilah yang mengatur kehidupan turun temurun keluarga dalam suku Minangkabau. Seorang anak laki-laki dan perempuan merupakan klan dari keturunan ibu. Ayah tidak dapat memasukkan anaknya ke dalam klannya. Oleh karena itu, warisan sako dan pusako diturunkan menurut garis ibu pula. Seorang Mamak memiliki peranan penting dalam mendidik kamanakan baik dalam kehidupan sehari-hari, bidang adat dan bidang agama. Adapun cara yang dilakukan Mamak dalam memotivasi kamanakan tersebut yaitu Mamak mengajak kamanakan untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan menjelaskan kepada kamanakan manfaat mempelajari ilmu. Di dalam adat istiadat Minangkabau peran Mamak secara normatif adalah Peran Mamak dalam bidang harta pusaka adalah memelihara, mengawasi pemanfaatan, dan mengembangkan harta pusaka, mempertahankan supaya harta adat tetap berfungsi sesuai dengan ketentuan adat. Mamak juga berperan dalam pengembangan harta pusaka kaumnya agar kesejahteraan kaumnya termasuk kamanakan-kamanakannya dapat terjamin. Peranan Mamak dalam menanamkan karakter pendidikan Islam terhadap kamanakan diantara adalah mengajarkan Alquran, mengajarkan ibadah, mengajarkan keimanan

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Peranan Mamak
Subjects: D Sejarah Umum dan Dunia Lama > DS Asia
G Geografi, Antropologi. Rekreasi > GN Anthropology
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman > HQ 755.8 - Parenting. Child rearing (Pengasuhan Anak. Pola Asuh)
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC251 Pendidikan karakter
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:37
Last Modified: 04 Dec 2025 02:37
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1097

Actions (login required)

View Item View Item