Piko Haswadi, 2115112 (2019) Implementasi Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP N 1 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover piko-haswadi-nim.-2115.112.pdf Download (178kB) |
|
|
Text
abstrak piko-haswadi-nim.-2115.112.pdf Download (388kB) |
|
|
Text
0c248-piko-haswadi-nim.-2115.112.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah saat proses pembelajaran berlangsung objek untuk diamati hanya berupa sumber-sumber tertulis yang ada di buku panduan, sumber lain seperti melihat gambar dan sejenisnya, menonton tayangan belum tersedia. Saat proses pembelajaran berlangsung metode yang digunakan guru juga dominan metode ceramah tidak ada inovasi menggunakan metode yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Pendekatan Scientific pada Langkah Mengamati dan Menalar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP N 1 Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggambarkan keadaan objek pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah Guru PAI Kelas VII dan Siswa Kelas VII. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan dan analisis data yang penulis gunakan adalah mereduksi data, menyajikan data, dan melakukan verifikasi serta menarik kesimpulan. Menguji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi data yaitu membandingkan hasil data observasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi pendekatan Scientific pada Langkah Mengamati dan Menalar dalam Pembelajaran Pendidikan agama Islam di kelas VII SMP N 1 Bukittinggi belum terlaksana secara maksimal. Langkah mengamati seperti sumber-sumber tertulis untuk di jadikan sebagai objek observasi oleh siswa hanya berupa buku panduan itupun penjelasan materinya belum lengkap, sumber lain seperti melihat gambar dan sejenisnya, menonton tayangan belum tersedia. Sedangkan langkah Menalar saat proses pembelajaran juga terlihat guru yang lebih aktif dibandingkan siswa, metode yang digunakan guru juga dominan metode ceramah.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Implementasi, Pendekatan Scientific, PAI |
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 04:51 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 04:51 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

