Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Kurikulum 2013 Kelas VII Di Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia

Nur Lena, 2114164 (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Kurikulum 2013 Kelas VII Di Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover nurlena2114164-oke.pdf

Download (7kB)
[img] Text
abstrak nurlena2114164-oke.pdf

Download (6kB)
[img] Text
d9be4-nurlena2114164-oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB) | Request a copy

Abstract

Maksud dari penelitian ini adalah kurikulum 2013 sudah diterepkan di Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia sudah cukup lama yaitu mulai dari tahun 2014-2015. Dalam kurikulum 2013 sangat mementingkan tiga aspek yaitu, aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Dan dalam kurikulum 2013 siswa harus aktif dalam pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator. Akan tetapi di Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia tidak sesuai dengan dengan kenyataan yang seharusnya yang diinginkan dalam kurikulum 2013. Adapun yang memotifasi penulis melakukan penelitian ini adalah dikarenakan kurikulum 2013 mulai diterapkan di pondok pesantren modern diniyyah pasia ini sudah cukup lama yaitu sejak tahun 2014-2015. Jadi, peneliti ingin melihat atau menggambarkan bagaimana pelaksanaan proses pembelajarannya dalam kurikulum 2013 apakah guru mata pelajaran masing- masing terkhusus nya guru mata pelajaran akidah akhlak sudah menerapkan atau mengimplementasikan kurikulum 2013 baik itu dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi ketika mengajar di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh di lapangan kemudian disusun dengan memilih dan menyederhanakan data. Selanjutnya dilakukan penyajian data untuk dapat menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru mata pelajaran akidah akhlak di pondok pesantren modern Diniyyah Pasia sudah membuat perencanaan pembelajaran akidah akhlak sesuai dengan kurikulum 2013, perencanaan pembelajarannya sudah dibuat jauh hari sebelum proses pembelajaran di awal semester berlangsung. Dan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas sudah sesuai dengan kurikulum 2013 mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti sampai dengan kegiatan penutup. Begitupun dalam mengevaluasi pemebelajaran akidah akhlak, seperti melakukan penilai sikap dengan cara melakukan penilai diri, penilain teman sejawat dan jurnal. Penilain pengetahuan dengan cara melakukan tes tertulis, tes lisan dan dengan memberikan penugasan. Dan penilain keterampilan dengan cara memberikan tugas berbentuk proyek, produk dan portofolio.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB2361 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 04 Dec 2025 04:51
Last Modified: 04 Dec 2025 04:51
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item