Pelaksanaan Tahap Pendidikan Anak dalam Perspektif Ali Bin Abi Thalib di Jorong Kotohilalang, Kabupaten Agam

Riska Jasmanita, 2115220 (2019) Pelaksanaan Tahap Pendidikan Anak dalam Perspektif Ali Bin Abi Thalib di Jorong Kotohilalang, Kabupaten Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover Riska Jasmanita.pdf

Download (129kB)
[img] Text
abstrak Riska Jasmanita.pdf

Download (209kB)
[img] Text
fulltext Riska Jasmanita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh penerapan tahap pendidikan anak menurut Ali bin Abi Thalib ini, bahwa penulis ingin melihat pelaksanaan pendidikan anak yang dijelaskan oleh Ali bin Abi Thalib telah terlaksana atau belum dan pengetahuan orang tua tentang pendidikan anak dalam perspektif Ali bin Abi Thalib di jorong Kotohilalang kabupaten Agam. Penulis melihat tahapan pendidikan anak yang dijelaskan oleh Ali Bin Abi Thalib ini sangat cocok untuk di terapkan dan dilaksanakan oleh orang tua zaman sekarang ini, bahkan di masa yang akan datang, karena pola pendidikan anak yang dijelaskan oleh Ali bin Abi Thalib ini sangat mengikuti perkembangan zaman. Skripsi ini meneliti bagaimana Pelaksanaan Tahap pendidikan Anak dalam perspektif Ali bin Abi Thalib di Jorong Kotohillang, Kabupaten Agam yaitu terbagi kepada tiga tahapan, tahapan pertama yaitu menjadikan anak sebagai raja dan ratu, tahapan kedua menjadikan anak sebagai tawanan, dan tahapan ketiga menjadikan anak sebagai teman sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berparadigma kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk meneliti objek penelitian apa adanya. Sumber penelitian dalam penelitian ini adalah Orang Tua, Keluarga, dan Wali Jorong Kotohilalang. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian penulis, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan tahap pendidikan anak dalam perspektif Ali bin Abi Thalib terbagi kepeda tiga tahapan yaitu: tahapan pertama dengan menjadikan anak sebagai raja, tahapan kedua menjadikan anak sebagai tawanan, dan tahapan ketiga dengan menjadikan anak sebagai sahabat. Dari penelitian penulis juga mengetahui bahwa orang tua sebelumnya tidak mengetahui dan melaksanakan tahapan pendidikan anak menurut Ali bin Abi Thalib ini. Beberapa dari orang tua tidak melaksanakan tahap pendidikan anak menurut Ali bin Abi Thalib dan tidak mengetahui meode pendidikan tersebut. Beberapa dari orang tua sudah ada mengajarkan pendidikan kepada anaknya sesuai metode Ali Bin Abi Thalib kerena pengajaran turun temurun dari orang tua mereka, tetapi mereka tidak mengetahui cara yang mereka ajarkan sesuai dengan tahapan pendidikan anak yang diajarkan oleh Ali Bin Abi Thalib.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > B Philosophy (General)
B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman > HQ 755.8 - Parenting. Child rearing (Pengasuhan Anak. Pola Asuh)
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 04 Dec 2025 04:51
Last Modified: 04 Dec 2025 04:51
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item View Item