Abdul Iswandi, 2115102 (2020) Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Mawaris Mata Pelajaran Fiqh di MAN 2 Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover abdul-iswandi-2115.102.pdf Download (89kB) |
|
|
Text
abstrak abdul-iswandi-2115.102.pdf Download (210kB) |
|
|
Text
bb522-abdul-iswandi-2115.102.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil belajar Mawaris Mata Pelajaran Fiqh di kelas XI MAN 2 AGAM berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan, disebabkan kurang di mengerti serta kurang dipahami umumnya siswa yang mempelajarinya. Siswa mengeluhkan bahwa mata pelajaran Fiqh tentang mawaris tersebut sangat sulit pelajarannya untuk dipahami karena banyaknya pembagian-pembagian,nama nama,istilah istilah dan penghitungan yang memerlukan analisis yang dalam terhadap permasalahan yang timbul dari pembagian dalam warisan. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar Mawaris adalah menggunakan Media Power Point yang dapat membantu guru dalam penyampaian materi pembelajaran yaitu dengan menyuruh siswa untuk memecahkan suatu permasalahan yang berkaitan dengan materi pelajaran sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaaan media power point terhadap hasil belajar mawaris mata pelajaran fiqh di MAN 2 Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaaan media power point terhadap hasil belajar mawaris mata pelajaran fiqh di MAN 2 Agam Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Agam Tahun Ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Populasi kelas XI berjumlah 111 siswa. Berdasarkan hasil ulangan harian (awal) rata-rata kelas XI IPA.2 lebih rendah sehingga dijadikan kelas Eksperimen, sedangkan kelas XI IPA.1 dijadikan sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh dengan tes akhir berupa soal objektif sebanyak 15 butir soal yang telah diujikan. Berdasarkan hasil analisis tes akhir yang dihitung menggunakan hasil perhitungan uji hipotesis dengan uji-t pada kedua kelas sampel diperoleh bahwa nilai thitung = 2,32 dan nilai ttabel = t(0.95,37) adalah 1,81. Kriteria pengujian adalah terima H0 jika thitung < ttabel, selain itu tolak H0. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,32> 1,81, sehingga H0 ditolak, dan H1 diterima, (H1= Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media power point terhadap hasil belajar Mawaris siswa kelas XI di MAN 2 Agam.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Pengaruh Penggunaan Media Power Point dan Hasil Belajar |
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 04:51 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 04:51 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

