Pengaruh Media Audio Visual Dalam Pembelajaran PAI Terhadap Pelafalan Huruf Hijaiyah Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 Di SMAN 1 Kec. Harau

Jamilatul Husna, 2116008 (2020) Pengaruh Media Audio Visual Dalam Pembelajaran PAI Terhadap Pelafalan Huruf Hijaiyah Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 Di SMAN 1 Kec. Harau. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover Jamilatul Husna.pdf

Download (25kB)
[img] Text
abstrak Jamilatul Husna.pdf

Download (243kB)
[img] Text
fulltext Jamilatul Husna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penulis mengangkat judul ini karena faktanya ketika penulis menjadi pedidik Praktek Pengalaman Lapangan yang diberi tanggung jawab mengajar PAI,penulismengindentifikasi masalah bahwasannya banyak peserta didik yang kurang bisa membaca Al-Qur`an dan belum sesuai dengan kaidah tajwid, terutama dalam pelafalan huruf. Padahal peserta didik SMA tersebut telah cukup lama mempelajari Al-Qur`an, mulai dari SD hingga SMA. Pada SMAN 1 Kec. Harau ini, juga mempunyai program membaca Al-Qur`an 15 menit setiap paginya di awal pembelajaran.Penulis membatasi masalah ini yaitu pelafalan huruf hijaiyah peserta didik dengan menggunakan media audio-visual dalam pembelajaran PAI. Rumusan masalah ini adalah apakah terdapat pengaruh media audio-visual terhadap pelafalan huruf hijaiyah pada peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMAN 1 Kec. Harau? Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio-visual dalam pembelajaran PAI terhadap pelafalan hurufhijaiyah peserta didik pada kelas XI MIPA 1 di SMAN 1 Kec. Harau. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode pre experimental designs dengan sampel tidak terpisah dikenal dengan istilah one group pretest posttest design. Memiliki Populasi 33 orang dengan tipe sampling jenuh yaitu sampel dari keseluruhan populasi sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data penelitianmenggunakan tes dan dokumentasi. Pembelajaran dan tesdilakukan sepuluh kali pertemuan sewaktu pulang sekolah. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif yaitu analisis statistik dan uji asumsi dasar.Pertama dilakukan uji statistik deskriptif untuk mengetahui rata-rata, median, simpangan baku, varian, dll.Selanjutnya baru melakukan uji normalitasmenurut Shapiro Wilk. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhanadengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini meliputi pengaruh media audio-visual terhadap pelafalan hurufhijaiyahpada peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMAN 1 Kec. Harau.Rata-rata pretest (52,52) dan posttest (72,91).Untuk uji normalitas pada kelas pretest sig sebesar 0,053 dan kelas posttest memiliki sig sebesar 0,102, karena > 0,05 maka dikatakan berdistribusi normal. Selanjutnya, uji hipotesis diperoleh thit = 7,102 dan ttab = 1,694. Kemudian thit dibandingkan dengan ttab dengan kriteria pengujian jika thit>ttab maka Ha diterima. Dan didapatkan hasil perhitungan 7,102 > 1,694 sehingga Ha diterima. Artinya penerapan media pembelajaran audio-visual terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pelafalan huruf hijaiyah pada peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMAN 1 Kec. Harau.Dari hasil penelitianjuga memiliki perbedaan sebesar 39 % terhadap pelafalan huruf hijaiyah pada peserta didik ketika pretest dan posttest.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP100-134 Al-Qur'an
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 04 Dec 2025 07:08
Last Modified: 04 Dec 2025 07:08
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1116

Actions (login required)

View Item View Item