Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Tahfizh Qur’an Di Rumah Tahfizh Qur’an Ubay Bin Ka’ab Jorong Abuang Nagari Matur Hilir Kecamatan Matur

Marweli Zulfia, 2116089 (2020) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Tahfizh Qur’an Di Rumah Tahfizh Qur’an Ubay Bin Ka’ab Jorong Abuang Nagari Matur Hilir Kecamatan Matur. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-revisi-marweli-zulfia-nim-2116089.pdf

Download (78kB)
[img] Text
abstrak skripsi-revisi-marweli-zulfia-nim-2116089.pdf

Download (207kB)
[img] Text
b0fc6-skripsi-revisi-marweli-zulfia-nim-2116089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan antara lain sebagian santri pada jam pelajaran masih berada di luar kelas dan harus di panggil terlebih dahulu oleh ustadz/ ustadzah yang mengajar di jam pelajaran tersebut untuk bisa masuk ke dalam ruangan belajar. Penulis juga melihat pada saat santri yang seharusnya menyetor hafalan yang sudah dihafalnya di rumah akan tetapi sebagian santri malah baru mulai menghafal pada saat jam pelajaran tersebut. Pada saat menghafal pun sebagian santri bermain-main dan mengganggu teman yang lain untuk menghafal, sebagian ada yang tidur bahkan bercerita satu sama lain. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti apa saja faktor-faktor intern dan ekstern yang mempengaruhi motivasi belajar Tahfiz Qur’an diRumah Tahfizh Qur’an Ubay Bin Ka’ab Jorong Labuang Nagari Matur Hilir Kecamatan Matur. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan berbentuk field research yaitu penelitian yang mencoba menggambarkan, memaparkan dan menafsirkan suatu fenomena yang terjadi sesuai dengan data yang sesuai di lapangan. Dengan informan kunci yaitu ustadz dan ustadzah dan santriwan dan santriwati sebagai informan pendukung. Untuk mengumpulkan data penulis lakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul maka dilakukan pengolahan dan analisis data. Selanjutnya dilakukan teknik penjamin keabsahan dengan cara triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian penulis, maka dapat disimpulkan bahwa faktorfaktor yang mempengaruhi motivasi belajar Tahfizh Qur’an ada yang berasal dari dalam diri individu (intern) danada yang berasal dari luar diri individu (ekstern). Faktor intern didalamnya termasuk jasmani (kesehatan dan cacat tubuh) dan psikologis (intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, dankesiapan). Sedangkan faktor ekstern didalamnya termasuk kecemasan terhadap hukuman, penghargaan dan pujian, peran orang tua, peran pengajar, dan kondisi lingkungan. Dari faktor tersebut semuanya berpengaruh terhadap proses Tahfizh Qur’an namun berbeda tingkat pengaruhnya, tergantung kepada diri santri masing-masing Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar Tahfizh Qur’an santri yang penulis temukan dilapangan adalah pengaruh teman sebaya, akhlak, metode, reword atau hadiah.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Faktor-Faktor, Motivasi Belajar, Tahfizh Qur’an
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar
B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP100-134 Al-Qur'an
H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman > HQ 755.8 - Parenting. Child rearing (Pengasuhan Anak. Pola Asuh)
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 04 Dec 2025 07:09
Last Modified: 04 Dec 2025 07:09
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1118

Actions (login required)

View Item View Item