Pengaruh Metode Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar SKI Siswa Kelas VIII MTsN 8 Nagari Panampuang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam Tahun 2020

Fattia Zahara, 2116175 (2020) Pengaruh Metode Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar SKI Siswa Kelas VIII MTsN 8 Nagari Panampuang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam Tahun 2020. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover pdf-skripsi-fattia-zahara.pdf

Download (148kB)
[img] Text
abstrak pdf-skripsi-fattia-zahara.pdf

Download (185kB)
[img] Text
9d29c-pdf-skripsi-fattia-zahara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar SKI siswa. Diantara penyebab rendahnya ialah siswa pasif belajar karena siswa tidak dapat mengeluarkan kreatifitasnya dan cenderung pasif, materi yang disampaikan tidak sepenuhnya terserap oleh siswa, siswa tidak termotivasi dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil Ujian Tengah Semester I siswa kelas VIII MTsN 8 Agam. Salah satu upaya yang diperkirakan dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode Number Head Together (NHT). Rumusan Masalah pada penelitian ini yaitu berapa pengaruh Metode Number Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar SKI Siswa MTsN 8 Nagari Panampuang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar SKI siswa memakai metode Number Head Together (NHT) di kelas VIII MTsN 8 Agam. Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan eksperimen dengan posttest-only control design. Lokasi penelitian ini berada di MTsN 8 Nagari Panampuang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 8 Agam, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 sebagai kelas Eksperimen, dan siswa kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari hasil belajar setelah mempelajari materi tentang menelusuri jejak sejarah berdirinya Dinasti Ayyubiyah, terdiri dari proses berdirinya Dinasti Ayyubiyah, para penguasa Dinasti Ayyubiyah, penguasa Dinasti Ayyubiyah yang terkenal, dan keteladanan Salahuddin Al-Ayyubi. Dari analisis nilai tes akhir dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 2,8335 dan ttabel = 1,67 pada taraf ? = 0,05, karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak H1 diterima. Selain itu, dengan menggunakan Software Minitab diperoleh Pvalue = 0,004 yang artinya Pvalue < ? dengan ? = 0,05. Jadi terdapat pengaruh metode Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar SKI Siswa kelas VIII MTsN 8 Agam tahun 2020 yaitu 12%

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 04 Dec 2025 07:31
Last Modified: 04 Dec 2025 07:31
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item