Penerapan Metode Pembelajaran Dalam Membaca Al-Qur'an di TPQ Nurul Syuhada Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman

Desmawati, 2115073 (2019) Penerapan Metode Pembelajaran Dalam Membaca Al-Qur'an di TPQ Nurul Syuhada Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover desmawati-2115073.pdf

Download (117kB)
[img] Text
abstrak desmawati-2115073.pdf

Download (222kB)
[img] Text
6e676-desmawati-2115073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Maksud dari judul ini adalah bagaimana penerapan metode pembelajaran dalam membaca Al-qur’an yang mana membaca sesuai dengan kaidah ilmu tajwid serta makhrajul huruf di TPQ Nurul Syuhada Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Metode merupakan salah satu strategi atau cara yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran yang hendak dicapai, semakin tepat metode yang digunakan oleh seorang guru maka pembelajaran akan semakin baik. Adapun macam-macam metode pembelajaran yaitu Metode ceramah yang mana guru memberikan pengarahan kepada siswanya, metode tanya jawab yang mana guru memberikan pertanyaan kepada siswa ,siswayang menjawabnya, metode diskusi yang mana siswa berdiskusi secara berkelompok sementara guru hanya sebagai fasilitator, metode demonstrasi yang mana guru memperagakan kepada siswa. Setelah itu dalam membaca Al-qur’an yang mana adanya indikator membaca Al-qur’an dan metode membaca Al-qur’an. Selain itu penerapan metode pembelajaran dalam membaca Al-qur’an di TPQ Nurul Syuhada Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman ini yang mana guru menerapkan metode-metode sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan dalam membaca Al-qur’an berdasarkan ilmu tajwid. Penelitian ini adalah field research dengan menggunakan metode kualitatif, yang hanya menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena yang bersifat alamiah ataupun rekayasa manusia. Pengumpulan data penulis lakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dan informan penelitian adalah guru-guru serta siswa siswa TPQ Nurul Syuhada dengan jumlah informan 18 orang. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa Penerapan metode pembelajaran dalam membaca Al-qur’an di TPQ Nurul Syuhada Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman berupa penerapan metode pembelajaran dalam membaca Alqur’an, yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah, Al-banjari, demonstrasi, dan tanya jawab.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP100-134 Al-Qur'an
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 04 Dec 2025 07:59
Last Modified: 04 Dec 2025 07:59
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1124

Actions (login required)

View Item View Item