Ridwan, 2115084 (2019) Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 13 Tanah Datar. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-ridwan-2115.084-prodi-pai.pdf Download (30kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-ridwan-2115.084-prodi-pai.pdf Download (136kB) |
|
|
Text
bf7e9-skripsi-ridwan-2115.084-prodi-pai.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian apa saja yang dilakukan guru dalam penerapan karakter siswa melalui pembelajaran akidah akhlak di MTsN 13 Tanah Datar. Karena sebagian siswa pada saat sekarang ini masih belum mampu untuk mengaplikasikan pendidikan karakter yang telah dirancang oleh guru dan ada sebagian siswa yang belum menyadari pentingnya memiliki sikap tanggung jawab dan peduli pada diri sendiri dan orang lain dan hanya bersikap acuh tak acuh dengan apa yang terjadi disekitarnya. Pada saat sekarang ini siswa tidak memiliki karakter yang baik, seperti tidak mematuhi peraturan di sekolah dan sering tidak mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan karakter siswa dalam aspek disiplin, kerja keras, komunikatif dantanggung jawab melalui pembelajaran akidah akhlak serata hambatan apa yang dihadapi dalam penerapan karakter siswa di MTsN 13 Tanah Datar. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan karakter siswa dalam aspek disiplin, kerja keras, komunikatif dan tanggung jawab melalui pembelajaran akidah akhlak di MtsN 13 Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah Guru yang mengajar mata pelajaran Akidah Akhlak sebagai informan kunci dan yang menjadi informan pendukung adalah wakil kesiswaan, wakil kurikulum dan siswa/siswi MtsN 13 Tanah Datar. Dalam mengumpulkan data dengan melakukan observasi dan wawancara, serta untuk mengukur keabsahan data melakukan triangulasi data dengan cara teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain dalam membandingkan hasil wawancara terhadap objek penelitian. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendidikan karakter siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 13 Tanah Datar belum berjalan dengan sesuia yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari sikap disiplin, kerja keras dan tanggung jawab dari siswa masih belem terbentuk. Hal ini dilihat dari displin, kerka keras, komunikatif dan tanggung jawab siswa yang belum sesuia dengan harapan. Sedangkan hambatan yang ditemui masih ada siswa yang melanggar aturan sekolah, kedua adanya guru yang tidak mendukung penerapan pendidikan karakter. Ketiga , lingkungan belajar yang tidak baik
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Penerapan, Pendidikan Karakter Siswa, Akidah Akhlak |
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC251 Pendidikan karakter |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 04:17 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 04:17 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1130 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

