Putri Indri Aulia, 2115032 (2019) Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Bonjol. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-indri.pdf Download (192kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-indri.pdf Download (7kB) |
|
|
Text
5c2ae-skripsi-indri.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran PAI yang saat ini masih memegang peran yang dominan dalam kelas, pembelajaran tidak bersifat membangun pemahaman siswa itu sendiri sehingga siswa hanya mendapatkan pengetahuan bukan pemahaman, guru memberikan pengetahuan pada siswa dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan, guru menerangkan materi setelah itu siswa diberi tugas-tugas untuk dikerjakan dan dikumpulkan. Pembelajaran seperti ini ternyata kurang membuat siswa aktif. Salah satunya adalah terjadi di SMAN I Bonjol Kabupaten Pasaman pada mata pelajaran PAI. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan hasil belajar melalui penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions pada mata pelajaran PAI di SMAN I Bonjol Kabupaten Pasaman. Penelitian dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus.Alur penelitian terdiri dari; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi atau refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X.4 jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di SMAN 1 Bonjol Kabupaten Pasaman sebanyak 36 siswa, penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas X.4 jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di SMAN 1 Bonjol Kabupaten Pasaman pada setiap siklus. Pada sikus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 41,67% dengan nilai rata-rata hasil belajar 65,94. Pada Siklus II persentase ketuntasan belajar siswa naik sebanyak 36,11% sehingga ketuntasan hasil belajar mencapai 77,78% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 79,88, artinya terjadi peningkatan hasil belajar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran cooperative learning tipe student teams achievement divisions (STAD) dalam rangka meningkatkan hasil belajar PAI dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 04:17 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 04:17 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1131 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

