Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMKN 2 Bukittinggi

Indro Syah Putra, 2115064 (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMKN 2 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover indro-skripsi.pdf

Download (60kB)
[img] Text
abstrak indro-skripsi.pdf

Download (84kB)
[img] Text
67d2a-indro-skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di SMKN 2 Bukittinggi terlihat bahwa guru mengajar menggunakan strategi ekspositori, sehingga banyak siswa yang tidak memperhatikan guru, siswa merasa jenuh, banyak yang berbicara dengan teman, dan sering izin keluar, sehingga hasil belajar siswa pun rendah. Dalam penelitian ini penulis ingin melakukan pembelajaran menggunakan strategi every one is teacher here. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran everyone is teacher here terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Bukittinggi. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif degan jenis penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu). Quasi eksperimen adalah eksperimen yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 2 Bukittinggi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 16 kelas. Dan sampelnya penulis mengambil dengan teknik purposive sampling yaitu adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu dan memiliki tujuan tertentu. Dari 16 kelas yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas XI jurusan Hotel 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI jurusan Hotel 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai siswa pada kelas kontrol dengan rata-rata 62,67 dengan persentase 43,46 %, kemudian di kelas eksperimen yang menggunakan strategi every one is teacher here diperoleh nilai rata-rata 81,50 dengan persentase 56,53%. Maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar dengan menggunakan strategi every one is teacher here yaitu sebanyak 30,07

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 05 Dec 2025 04:18
Last Modified: 05 Dec 2025 04:18
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1142

Actions (login required)

View Item View Item