Rika Ilda Wiguna, 2115095 (2019) Efektivitas Metode Halaqah pada Pembelajaran Alquran di TPA Mesjid Nurul Falah Taratak Pauh Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-rika-ilda-wiguna.pdf Download (525kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-rika-ilda-wiguna.pdf Download (527kB) |
|
|
Text
e935a-skripsi-rika-ilda-wiguna.pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Alquran yang merupakan salah satu ruang lingkup dari pendidikan agama Islam yang harus dipelajari dan diwarisi oleh umat Islam itu sendiri, dengan menggunakan metode yang sesuai salah satunya dengan metode halaqah. Dalam pembelajaran, hal yang diharapkan adalah terlaksananya proses pembelajaran dan mendapatkan hasil belajar yang efektif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena hasil belajar siswa yang kurang dapat diamati dan dipicu oleh guru, dalam proses pembelajaran adanya siswa yang kurang serius, merasa bosan, meribut, dan sering tidak hadir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode halaqah pada proses dan hasil belajar Alquran di TPA Mesjid Nurul Falah Taratak Pauh. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan bentuk penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Informan penelitian ini meliputi guru- guru dan siswa-siswa di TPA Mesjid Nurul Falah Taratak Pauh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Metode halaqah pada proses pembelajaran Alquran di TPA Mesjid Nurul Falah Taratak Pauh adalah terlaksana. Dalam proses pembelajaran telah melibatkan siswa aktif dalam belajar, menarik minat dan perhatian siswa, memberikan dorongan atau motivasi dan juga dalam pengunaan media dalam pembelajaran, (2) Efektivitas hasil belajar Alquran siswa di TPA Mesjid Nurul Falah Taratak Pauh diuraikan berdasarkan tiga kriteria, yaitu: Kefasihan dalam membaca Alquran, penguasaan terhadap makhraj dan penggunaan sistem tajwid. Hasil belajar siswa di TPA mesjid Nurul Falah Taratak Pauh berdasarkan ketiga kriteria tersebut tergolong baik.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP100-134 Al-Qur'an L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 08:24 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 08:24 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

