Lena Santika, 2115004 (2019) Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Kelas X Di SMK Pembangunan Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-lena-santika-2115004.pdf Download (92kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-lena-santika-2115004.pdf Download (137kB) |
|
|
Text
1572c-skripsi-lena-santika-2115004.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam belajar PAI dan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran serta rendah hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Media Pembelajaran terhadp Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI (Studi Kasus Kelas X SMK Pembangunan Bukittinggi). Penelitian eksperimen dengan rancangan menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal yang telah diuji cobakan. Digunakan untuk menguji apakah Media Pembelajaran Audio Visual dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dua kelompok dipilih menggunakan random sampling yaitu pada siswa kelas X SMK Pembangunan Bukittinggi. Masing-masing kelompok terdiri dari kelas eksperimen 11 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 15 siswa. Media Pembelajaran Audio Visual untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada kelompok eksperimen diadakan empat kali pertemuan. Data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan melalui test. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk kesimpulan. Pengolahan data yang peneliti lakukan yaitu dengan menggunakan SPSS Versi 20.00. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar siswa, yaitu 11 orang siswa yang diajarkan menggunakan media Audio Visual menunjukkan rata-rata hasil belajar yaitu 83,27. Sedangkan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media Audio Visual yaitu, 49,6. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar PAI yang diajarkan menggunakan media Audio Visual adalah berdistribusi normal dimana, 0,17 < 0,21, dan hasil belajar yang tidak menggunakan media Audio Visual yaitu 0,21 < 0,22, juga berdistribusi normal. Dan kedua varians data adalah homogeny karena < yaitu, 1,38 < 2,91. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan media Audio Visual lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang tidak menggunakan media Audio Visual, dimana hasil pengujian menunjukkan bahwa > yaitu, 4,01 > 1,93 maka Ha diterima. Artinya penerapan media pembelajaran Audio Visual terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar PAI Kelas X SMK pembangunan Bukittinggi.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran, Hasil Belajar |
| Subjects: | H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 08:24 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 08:24 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1149 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

