Yona Osnela, 2115185 (2019) Aktivitas Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Bukittinggi pada Mata Kuliah Fiqh Ibadah. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover yona-2-buah-kuning-dan-kotak.pdf Download (63kB) |
|
|
Text
abstrak yona-2-buah-kuning-dan-kotak.pdf Download (86kB) |
|
|
Text
2d32d-yona-2-buah-kuning-dan-kotak.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Aktivitas belajar sangat dibutuhkan bagi setiap kalangan mahasiswa. Karena asas aktivitas dalam proses pembelajaran memiliki manfaat tertentu, mahasiswa dapat mencari pengalaman sendiri dan langsung mengalami sendiri. Memupuk kerjasama yang harmonis antara mahasiswa dan memperlancar kerja kelompok. Adapun yang menjadi latar belakang penulis mengangkat judul di atas adalah aktivitas merupakan suatu kegiatan untuk mendorong seseorang dalam melakukan aktivitasnya dalam hal ini aktivitas yang dilihat itu ialah visual activities, oral activities dan listening aktivities pada mata kuliah fiqh ibadah. Pada saat pembelajaran berlangsung penulis melihat bahwa mahasiswa melakukan aktivitas belajar dengan baik walaupun tidak seluruh mahasiswa yang melakukan aktivitas belajar. Hal ini terlihat ketika mahasiswa PAI lokal II E mengikuti pekuliahan mereka melakukan diskusi, dalam diskusi tersebut mereka juga memberikan tanggapan-tanggapan mereka terhadap apa yang mereka diskusikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research yaitu penelitian lapangan yang dilihat secara langsung dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat dicermati. Dan teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Fiqh Ibadah di Prodi PAI FTIK di lokal II E aktivitas belajar yang mereka lakukan sudah baik, walaupun tidak semua mahasiswa yang melakukan hal tersebut. sehingga mahasiswa bisa mengikitu perkuliahan dan dapat memahami apa yang mereka pelajari. Hal itu terjadi karena adanya dorongan dari dirinya sendiri maupun orang lain. Dengan adanya aktivitas belajar mahasiswa dapat memberikan pelajaran bahwasanya dalam aktivitas belajar mereka bisa memahami materi tidak hanya dalam satu sisi saja. Tetapi bisa dari beberapa sisi seperti melalui membaca, mengamati, memberikan tanggapan, diskusi dan mendengarkan. Dengan melakukan kegiatan tersebut mahasiswa dapat menemukan ide-ide baru dengan bertukar pikiran, baik sesama mereka maupun dengan dosen atau dengan sumber- sumber lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar mahasiswa pada prodi PAI II E telah terlaksana tetapi masih terdapat beberapa kendala seperti mahasiswa belum bisa mengamati pemebelajaran dengan baik, mereka masih mengalihkan perhatian kepada mata kuliah lain saat kuliah fiqh ibadah dengan cara mengerjakan tugas-tugas mata kuliah lain
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB2300 Pendidikan tinggi L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 08:25 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 08:25 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1152 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

