Etik Mandasari, 2115028 (2019) Konsep Pendidikan Islam Menurut Abuddin Nata (Studi Terhadap Buku Kapita Selekta Pendidikan Islam). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover ETIK MANDASARI.pdf Download (9kB) |
|
|
Text
abstrak ETIK MANDASARI.pdf Download (42kB) |
|
|
Text
fulltext ETIK MANDASARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang isu-isu kontemporer pendidikan Islam menurut Abuddin Nata yaitu paradigma pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan profesionalisme guru dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang: 1) Paradigma pembangunan Sumber Daya Manusia, 2) Peningkatan profesionalisme guru dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan). Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara dokumentasi dan dianalisis menurut isinya. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif analisis. Deskriptif yaitu menyajikan data dengan senyata mungkin sesuai hasil penelitian yang diperoleh yang kemudian dianalisis untuk mereduksi kumpulan data melalui pendeskripsian untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembanguan Sumber Daya Manusia perlu dikembangkan sesuai dengan potensi yang dimiliki masyarakat, ketahanan suatu bangsa tidak hanya ditentukan oleh SDM yang melimpah ruah, melainkan juga ditentukan oleh SDM yang unggul, dan Abuddin Nata menyatakan bahwa pemberdayaan berbagai potensi manusia akan disesuaikan dengan tuntutan eksternal masyarakat. 2) Dalam rangka peningkatan profesionalisme guru untuk meningkatkan mutu pendidikan harus memiliki kemampuan pedagogik, kepribadian, sosial, dan akademik yang didasarkan pada visi dan spirit ajaran Islam. Abuddin Nata menyatakan dalam rangka meningkatkan mutu guru yang profesional itu perlu dipertimbangkan untuk menghidupkan kembali sekolah-sekolah keguruan, mengkolaborasikan antara fakultas keguruan dengan fakultas non-keguruan, melibatkan kaum profesional sebagai tenaga pengajar pada pendidikan profesi keguruan, serta menerapkan sistem magang, maupun melalui sistem guru berjenjang dan berantai.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > B Philosophy (General) L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1775 Bimbingan Vokasi, Pelatihan Guru L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 08:25 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 08:25 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1154 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

