Selvi Febri Yanti, 2115034 (2019) Upaya Guru PAI Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di SMKN 2 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover selvi-febri-yanti-2115.034.pdf Download (19kB) |
|
|
Text
abstrak selvi-febri-yanti-2115.034.pdf Download (17kB) |
|
|
Text
243af-selvi-febri-yanti-2115.034.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an yang sesuai dengan ilmu tajwid, masih banyak peserta didik yang terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an, serta kurangnya kemampuan peserta didik dalam melafazkan makharijul huruf dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis upaya guru PAI unuk meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an di SMKN 2 Bukittinggi. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan kejadian di lapangan. Yang menjadi informan kunci pada penelitian ini adalah guru PAI yang menjadi guru SMKN 2 Bukittinggi dan yang menjadi informan pendukung adalah peserta didik SMKN 2 Bukittinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa upaya yang dapat dilakukan guru PAI untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an diantaranya adalah guru mengajarkan Al-Qur’an pertama-tama ditekankan pada ketepatan pengucapan huruf-huruf yang disebut makhrijul huruf, guru mengajarkan materi tajwid sampai pada tingkat kemahiran bacaan, guru mengajarkan peserta didik membaca Al- Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, membimbing peserta didik agar fasih dalam membaca Al-Qur’an, memotivasi peserta didik agar bersemangat dalam membaca Al-Qur’an dan juga memberikan reward kepada peserta didik yang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Namun, masih kurangnya minat peserta didik dalam pembelajaran Al- Qur’an. Hal ini terlihat ketika guru mengajarkan tentang cara membaca Al-Qur’an tetapi, sebagian dari peserta didik kurang memperhatikannya dan juga kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik masih terbata-bata. Seorang guru harus profesional dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada peserta didik. Peserta didik harus mengikuti belajar Al-Qur’an dengan baik dan yang paling penting harus ada upaya seorang guru untuk meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Upaya Guru PAI, Kemampuan Membaca Al-Qur’an |
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP100-134 Al-Qur'an L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 05:09 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 05:09 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1163 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

