Muhammad Rahim, 2115116 (2019) Peran Guru PAI Dalam Membina Akhlak Siswa di SMPN 6 Padang Panjang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-muhammad-rahim.pdf Download (42kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-muhammad-rahim.pdf Download (67kB) |
|
|
Text
a378e-skripsi-muhammad-rahim.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dengan penulis mendapatkan gambaran masih adanya berbagai macam permasalahan tentang akhlak di SMP N 6 Padang Panjang ini, dimana masih banyak siswa yang tidak melakukan kewajibannya sesuai peraturan yang di wajibkan bagi seorang siswa, terutama peraturan yang dibuat oleh sekolah itu sendiri. Contoh masih banyak siswa yang malas melaksanakan zuhur berjamaah, serta masih adanya siswa yang tidak membawa al-Qur’an untuk dibaca sebelum pelajaran dimulai. Dengan ibadah shalat berjama’ah bertujuan untuk melatih disiplin waktu pada siswa, dan lebih mencintai al-Qur’an karena di baca sebelum belajar setiap hari. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMP N 6 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini berada di SMPN 6 Padang Panjang. Informan kuncinya yaitu guru pendidikan agama Islam sedangkan informan pendukungnya yaitu siswa kelas VIII Marwa. Untuk mengumpulkan data, penulis melakukan observasi yaitu dengan mengamati langsung kegiatan pembelajaran PAI dan wawancara yang ditujukan kepada guru PAI dan siswa kelas VIII Marwa. Penulis mengolah data dengan menggunakan teknik analisa deskriptif analitik, yaitu data yang diperoleh dituangkan dalam bentuk kata-kata. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru pendidikan agama Islam di SMPN 6 Padang Panjang sudah berperan aktif dalam melakukan pembinaan akhlak terhadap siswa. Hal ini terlihat dari cara-cara yang dilakukan guru yaitu Guru PAI berperan aktif contoh sebagai professional guru juga menyampaikan materi dan nilainilai yang terkandung dalam pembelajaran, serta menasehati siswa yang melanggar. Sebagai pendidik guru memberikan contoh yang baik kepada siswa karena pada dasarnya siswa memiliki sifat meniru. Sebagai pelatih guru melatih bakat siswa, contoh pada kelas tahfiz guru membagi beberapa kelas sesuai dengan kecepatan menghafalnya. Guru pendidikan Islam juga berperan aktif untuk mengajak siswa untuk kebaikan seperti shalat zuhur berjama’ah, shalat dhuha, serta melakukan halhal baik lainnya yang berkaitan dengan akhak terpuji. Selain itu guru PAI juga memberi arahan, bimbingan serta nasehat pada siswa untuk senantiasa melakukan kebaikan dan berakhlak terpuji. Akhlak siswa di SMPN 6 Padang Panjang dikategorikan cukup baik.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Membina Akhlak |
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC251 Pendidikan karakter |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 05:09 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 05:09 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

