Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam

Riyan Saputra, 2114244 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover riyan-saputra-2114244pdf.pdf

Download (30kB)
[img] Text
abstrak riyan-saputra-2114244pdf.pdf

Download (152kB)
[img] Text
c26fc-riyan-saputra-2114244pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Adapun penulis memilih judul ini karena lantaran dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping ini maka Mind Mapping peneliti pilih sebagai variabel x dikarenakan cocok dengan karakter yang dilihat dari siswa dan yang menjadi varabel y nya adalah hasil belajar yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan yang diterapkan model pembelajaran. Latar belakang dari skripsi ini yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam mempelajari pembelajaran dan nilai hasil dari belajar siswa itu terlihat rendah. Dan metode penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : a) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model mind mapping tehadap pelajaran PAI b) Untuk mengetahui hasil belajar yg tidak diajar dengan model Mind Mapping terhadap pelajaran PAI c) Melihat jumlah Pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan model mind Mapping dan yang tidak diajar dengan model Mind Mapping sebanyak 70 orang pada pelajaran PAI , dan sampel sebanyak 20 orang yang menggunakan purposive sampling yang digunakan dalam penarikan sampel. Tes merupakan instrumen penelitian yang digunakan di SMP Negeri 1 Ampek Angkek Agam. Dan data itu lalu dinalisa dengan analisis inferensial dan deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: a) Dengan menggunakan model Mind Mapping pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ampek Angkek Agam kelas VIII dengan pretest rata-rata 70,25 dan posttest 84,95 b) dan Hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik yang tidak diajar dengan model pembelajaran Mind Mapping pada kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Angkek Agam dengan nilai rata-rata pretest sebesar 61, 40 dan nilai rata-rata posttest sebesar 76,85) dan c)Harga t = 3,251, = 38 dan sig. (2 tailed) ataup p-value = 0,002/2 = 0,001

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 08 Dec 2025 05:10
Last Modified: 08 Dec 2025 05:10
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1178

Actions (login required)

View Item View Item