Liza Fitriani, 2414115 (2019) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Pada Kelas VIII MTsN 8 Agam Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover LIZA FITRIANI.pdf Download (445kB) |
|
|
Text
abstrak LIZA FITRIANI.pdf Download (316kB) |
|
|
Text
17beb-skripsi-gabung.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa yang kurang berpartisipasi dalam belajar baik individu maupun kelompok. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran matematika dan hasil belajar matematika rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Talk Write (TTW). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) di kelas VIII MTsN 8 Agam tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) di kelas VIII MTsN 8 Agam tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan rumusan masalah yang menjadi hipotesis adalah hasil belajar matematika model pembelajaran koopeatif tipe Think Pair Share (TPS) berbeda dengan hasil belajar matematika model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) di kelas VIII MTsN 8 Agam tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Posttest_Only Comparison Groupdesign.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 8 Agam tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan setelah populasi berdistribusi normal, homogen serta memiliki kesamaan rata-rata sehingga pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model Think Pair Share (TPS) dan siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model Think Talk Write (TTW). Data hasil belajar diperoleh dari tes akhir siswa. Berdasarkan analisis data hasil tes akhir siswa dihitung dengan menggunakan uji-t. Dengan hasil thitung = 2,090 dan ttabel = 1,67. Karena -ttabel < thitung < ttabel , serta dengan menggunakan Sofware Minitab diperoleh Pvalue = 0,021 yang artinya Pvalue < ? dengan ? = 0,05 jadi H0 di tolak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tolak H0 dan terima H1. Sehingga di dapat bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) adalah 78,38 dan hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) adalah 67,13 pada mata pelajaran matematika di kelas VIII MTsN 8 Agam.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Sains > QA Matematika L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 05:10 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 05:10 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

