Yogi Saputra, 2415003 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VIII SMPN 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
01750-yogi-saputra cover.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
01750-yogi-saputra abstrak.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
01750-yogi-saputra full.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas VIII SMPN 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman. Berdasarkan nilai ulangan harian yang diperoleh dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman tahun Ajaran 2019/2020 selain kelas unggul masih dibawah KKM (KKM≥75), berkisar 52% sampai dengan 68%. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang terlibat aktif selama proses pembelajaran. Siswa cenderung bersikap pasif dalam mengikuti pembelajaran matematika sehing hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “ Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMPN 1 V Koto kampung Dalam Padang Pariaman tahun ajaran 2019/2020”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMPN 1 V Koto kampung Dalam Padang Pariaman tahun ajaran 2019/2020. Hipotesis dalam peneltian ini adalah “Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMPN 1 V Koto kampung Dalam Padang Pariaman tahun ajaran 2019/2020”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 V Koto kampung Dalam Padang Pariaman tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dipilih secara acak, terpilih siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar matematika siswa (tes akhir). Dari hasil analisis tes akhir dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan dan . Maka diperoleh dari daftar distribusi untuk dan diperoleh . Karena dan diperoleh artinya ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh Signifikan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di kelas VIII di SMPN 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020”.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:55 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:55 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |