Peri Pedinal, 2414094 (2019) Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berdasarkan Perbedaan Gender di kelas VIII SMP N 3 Malalak Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover peri-pedinal.pdf Download (24kB) |
|
|
Text
abstrak peri-pedinal.pdf Download (67kB) |
|
|
Text
73079-peri-pedinal.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pemahaman konsep matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan di kelas VIII SMP N 3 Malalak masih rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar yang jauh dari pencapaian yang seharusnya sesuai dengan KKM. Dari persentase ketuntasan nilai Ulangan Harian (UH) siswa laki-laki 40% dan siswa perempuan 34%. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan siswa cenderung pasif dan siswa hanya mencatat dan membuat latihan yang telah diberikan oleh guru. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan: 1.untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 3 Malalak setelah menggunakan model pembelajaran Problem based learning (PBL). 2. untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa laki-laki kelas VIII SMP N 3 Malalak setelah menggunakan model pembelajaran Problem based learning (PBL). 3. untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa perempuan kelas VIII SMP N 3 Malalak setelah menggunakan model pembelajaran Problem based learning (PBL). 4. Apakah pemahaman konsep siswa laki-laki lebih baik daripada siswa perempuan setelah mengikuti pembelajaran Problem Based learning (PBL) di kelas VIII SMP N 3 Malalak tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 3 Malalak tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan populasi yaitu semua siswa kelas VIII SMP N 3 Malalak yang menjadi objek penelitian oleh peneliti. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan secara keseluruhan bahwa pemahaman konsep matematika siswa menggunkan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) di kelas VIII SMP N 3 Malalak tahun ajaran 2018/2019 memiliki rata-rata 67,18 keriteria pemahman konsep matematika yaitunya baik. Rata-rata nilai pemahaman konsep matematika siswa laki-laki yaitu 73 dengan kriteria pemahaman konsep baik. Rata-rata nilai pemahaman konsep perempuan 62,33 dengan kriteria pemhaman konsep baik. Setelah dilakukan uji t pemahaman konsep matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan tidak ada berbeda.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum) H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Sains > QA Matematika L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 05:10 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 05:10 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1182 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

