Devi Ariyanti, 2413130 (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Rao Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover DEVI ARIYANTI.pdf Download (72kB) |
|
|
Text
abstrak DEVI ARIYANTI.pdf Download (83kB) |
|
|
Text
fulltext DEVI ARIYANTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII di SMP N 1 Rao Tahun Pelajaran 2018/2019, hal ini terlihat dari persentase kartegori nilai kemampuan berpikir kritis siswa dikelas VIII berada diantara 35,48% sampai 42,86%. Hal ini diduga siswa belum bisa sepenuhnya menyelesaikan permasalahan yang menuntut kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Means-Ends Analysis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Rao Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Rao Tahun Pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Rao Tahun Pelajaran 2018/2019”. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Rao. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah tes kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang berupa tes essay. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan berpikir kritis matematika siswa diperoleh dan karena maka ditolak dan terima Serta dan , karena . Jadi dapat disimpulkan bahwa “Kemampuan berpikir kritis matematika dengan model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Rao Tahun Pelajaran 2018/2019
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Sains > QA Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 05:10 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 05:10 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

