Hubungan Antara Prestasi Belajar Akidah Akhlak Dengan Sikap Sosial Siswa di MTsN 4 Kabupaten Lima Puluh Kota

Irma Safitri, 2115008 (2019) Hubungan Antara Prestasi Belajar Akidah Akhlak Dengan Sikap Sosial Siswa di MTsN 4 Kabupaten Lima Puluh Kota. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover irma-safitri-2115.008.pdf

Download (18kB)
[img] Text
abstrak irma-safitri-2115.008.pdf

Download (30kB)
[img] Text
71ab4-irma-safitri-2115.008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Maksud dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana hubungan antara prestasi belajar Akidah Akhlak dengan sikap sosial siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh teridentifikasi siswa yang meraih prestasi belajar yang tidak setara dengan sikap sosialnya, seperti dalam perkataan dan pergaulan, banyak didapati bahasa siswa yang tidak seharusnya, mengumpat, mencaci maki siswa lain, serta membolos sekolah. Siswa juga kurang menghargai guru di lingkungan sekolah. Padahal ketika melihat prestasi belajar Akidah Akhlaknya, justru siswa yang mendapatkan prestasi belajar di atas KKM yang mempunyai sikap sosial yang relatif rendah, sedangkan siswa yang memiliki prestasi belajar yang relatif rendah memiliki sikap sosial yang relatif tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar Akidah Akhlak dengan sikap sosial siswa kelas VIII MTsN 4 Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (filed research). Pendkatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket atau instrumen skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan program komputer SPSS 22. Teknik analisis data tersebut terdiri dari uji coba instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji prasyarat analisis (uji normalitas) dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rhitung sebesar 0,406. Sementara itu dari rtabel degree of freedom (df) 26 diperoleh angka 0,388 pada taraf signifikansi 0,05. Maka dapat diketahui bahwa angka indeks korelasi (rxy) 0,406 dan rhitung > dari pada rtabel 0,388. Jika diinterpretasikan dengan tabel r product moment, maka hasil penelitian terletak antara 0,40 – 0,70 dapat diperoleh satu interpretasi bahwa prestasi belajar Akidah Akhlak memiliki korelasi yang cukup atau sedang dengan sikap sosial siswa di MTsN 4 Kabupaten Lima Puluh Kota. Meskipun demikian tetap saja prestasi belajar Akidah akhlak berpengaruh terhadap sikap sosial siswa sebesar 16,48%, sedangkan 83,52% dipengaruhi oleh faktor lain. Jadi H0 (tidak terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar Akidah Akhlak dengan sikap sosial siswa di MTsN 4 Kabupaten Lima Puluh Kota) ditolak dan H? (terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar Akidah Akhlak dengan sikap sosial siswa di MTsN 4 Kabupaten Lima Puluh Kota) diterima

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Hubungan, Prestasi Belajar, Akidah Akhlak, Sikap Sosial Siswa
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC251 Pendidikan karakter
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 08 Dec 2025 06:16
Last Modified: 08 Dec 2025 06:16
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1187

Actions (login required)

View Item View Item