Annisa Rahima Sari, 2415005 (2020) Profil Berpikir Kritis Siswa Berkepribadian Steadiness Style pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Lubuk Sikaping. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
29b69-annisa-rahima-sari-2415005 cover.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
29b69-annisa-rahima-sari-2415005 abstrak.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
29b69-annisa-rahima-sari-2415005 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya satu tipe kepribadian yang memiliki kemampuan berpikir kritis yaitu kepribadian steadiness style. Kemampuan berpikir kritis dimiliki oleh siswa dengan kecerdasan matematis logis tinggi. Di SMAN 1 Lubuk Sikaping terdapat satu kelas unggul dan memiliki persentase nilai matematika lebih tinggi dibandingkan kelas yang lain. Oleh sebab itu dilakukan tes kepribadian DISC dikelas tersebut dan didapatkan 6 orang siswa berkepribadian steadiness style. Dilihat dari salah satu lembar jawaban UH siswa berkepribadian steadiness style yang diambil dari satu buah soal UH kelas XI IPA yang terdaftar pada kels XI IPA SMAN 1 Lubuk Sikaping pada tahun pelajaran 2019/2020, sudah menampakkan indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah profil berpikir kritis siswa berkepribadian steadiness style pada mata pelajaran matematika di kelas XI IPA 1 SMAN 1 Lubuk Sikaping pada Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa berkepribadian steadiness style pada mata pelajaran matematika di kelas XI IPA 1 SMAN 1 Lubuk Sikaping pada tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa yang memiliki kepribadian steadiness style. Teknik pengumpulan data adalah tes akhir kemampuan berpikir kritis matematis, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan triangulasi. Hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa siswa berkepribadian steadiness style di kelas XI IPA 1 sudah mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis. Hal ini dilihat dari S1 sudah konsisten dalam menyelesaikan soal nomor 1,2, dan 3 mulai dari indikator berpikir kritis interpretasi sampai inferensi, walaupun masih ada sedikit kesalahan perhitungan pada soal nomor 1, S2 juga sudah konsisten dalam menyelesaikan soal nomor 1,2, dan 3 walaupun masih ada jawaban yang kurang lengkap pada soal nomor 2 dan 3. Begitu juga dengan S3, S4, S5, dan S6 juga sudah konsisten dalam menyelesaikan soal nomor 1,2, dan 3 walaupun masih ada sedikit kesalahan perhitungan dan jawaban yang kurang lengkap pada soal nomor 1,2, dan 3. Secara keseluruhan tingkat kedominanan siswa berkepribadian steadiness style sebanding dengan kemampuan berpikir kritisnya masing-masing.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Profil, Berpikir Kritis, Kepribadian Steadiness Style |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 05:04 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 03:34 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/119 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |