Sri Januarti, 2115181 (2019) Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren MTsS Ash-Habul Yamin Lasi Tuo. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover Sri Januarti.pdf Download (772kB) |
|
|
Text
abstrak Sri Januarti.pdf Download (776kB) |
|
|
Text
fulltext Sri Januarti.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kitab kuning, orang menakuti belajar kitab kuning , tetapi di pondok pesantren ash-habul Yamin ini banyaknya siswa yang menyukai pembelajaran kitab kuning, maka peneliti tertarik untuk lebih mendalami atau mengetahui, apa sajakah metode pembelajaran kitab kuning Fiqih yang diterapkan di pondok pesantren itu?, bagaimana cara penerapan metode metode pembelajaran kitab kuning Fiqih di pondok pesantren MTsS Ash-habul Yamin? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan rancangan studi penelitian lapangan (Field research). Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data dari sumber data primer maupun sekunder. Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini adalah: (1) Metode pembelajaran kitab kuning Fiqih di pondok pesantren yang digunakan berupa metode Bandongan, Sorogan, Hafalan, Tanya jawab dan Ceramah. (2) penerapan metode pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Ash-habul Yamin lasi sesuai dengan metode warisan turun temurun dari para ulama salaf yakni: metode bandongan yakni: santri menyimak apa yang disampaikan ustadz wal ustadzah, metode sorogan yakni: ustadz wal usradzah menyimak apa yang disampaikan santri, metode hafalan yakni; sebagai mengingat materi ajar,metode tanya jawab yakni; metode untuk mengetahui pemahaman santri, metode ceramah yakni metode untuk agar santri melihat dan menyimak apa yang disampaikan ustadz, Berdasarkan penelitian ini pesantren Ash-habul Yamin telah menggunakan metode pembelajaran kitab kuning fiqih sesuai dengan metode-metode adat kepesantrenan. Akan tetapi dukungan baik dari dalam maupun dari luar pesantren sangat dibutuhka demi berlangsungnya pembelajaran, agar tujuan pendidikan di pondok pesantren Ashhabul Yamin berjalan dengan lancar dan sukses.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 08:22 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 08:22 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

