Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Penemuan Terbimbing di Kelas VIII SMPN 1 Sungai Aur Pasaman Barat

Nopri Yanti, 2415079 (2019) Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Penemuan Terbimbing di Kelas VIII SMPN 1 Sungai Aur Pasaman Barat. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
2c8ec-skripsi-nopri yanti cover.pdf

Download (605kB)
[img] Text
2c8ec-skripsi-nopri yanti abstrak.pdf

Download (608kB)
[img] Text
2c8ec-skripsi-nopri yanti full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan yaitu, motivasi belajar matematika siswa masih rendah, hal ini terlihat dari kurangnya kesiapan siswa dalam belajar matematika. Serta hasil belajar matematika siswa rendah, Hal ini dilihat dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sungai Aur yaitu sebanyak 31.97% Ulangan Harian 1 Semester 1 yang mencapai KKM yaitu 75. Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan penerapan metode penemuan terbimbing. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran metode penemuan terbimbing dikelas VIII SMPN 1 Sungai Aur tahun pelajaran 2019/2020? dan apakah hasil belajar matematika siswa dengan penerapan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvesional dikelas VIII SMPN 1 Sungai Aur tahun pelajaran 2019/2020?. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison:Randomized Control Grup Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sungai Aur tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, diperoleh kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Data motivasi diperoleh dari angket yang sudah di validasi dan hasil belajar matematika siswa diperoleh dari tes akhir. Berdasarkan hasil analisis data motivasi belajar matematika siswa tergolong pada kriteria sangat kuat dengan nilai 84.99% dan analisis tes akhir dihitung dengan menggunakan uji-t pada taraf 0.05 diperoleh thitung 2.60 dan ttabel 1.67. Karena thitung ttabel berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Serta dengan menggunakan SPSS20 diperoleh sig = 0.012 yang artinya sig ≤ α dengan α = 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang mengikuti metode penemuan terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvesional pada kelas VIII SMPN 1 Sungai Aur tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:32
Last Modified: 07 Jul 2025 06:32
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item